visitaaponce.com

Puluhan Rumah di Cipongkor Bandung Barat Harus Direlokasi

Puluhan Rumah di Cipongkor Bandung Barat Harus Direlokasi
Ilustrasi tanah bergerak.(DOK MI)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat merekomendasikan warga yang tinggal di Kampung Gadung, RT 01 RW 09, Desam Cintaasih, Kecamatan Cipongkor direlokasi akibat terdampak pergerakan tanah.

Rekomendasi ini dilakukan setelah Badan Geologi melakukan kajian atau pemeriksaan kontur tanah di wilayah tersebut. Rencananya, ada sekitar 30 kepala keluarga yang rumahnya bakal direlokasi ke tempat yang lebih aman.

"Ada 30 rumah harus direlokasi karena berdasar kajian Badan Geologi, lokasinya sudah tidak aman ditinggali," terang Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat, Duddy Prabowo, Kamis (27/10).

Hasil kajian Badan Geologi, lanjut dia, di Kampung Gadung dinyatakan terdapat potensi pergerakan tanah susulan lantaran kondisi geografisnya labil. "Makanya sebagai langkah mitigasi bencana, kita ajukan direlokasi ke area yang lebih aman. Khawatirnya ada pergerakan tanah yang nantinya bisa membahayakan warga yang bermukim di lokasi tersebut," kata Duddy.

Sebelumya, pemukiman di Kampung Gadung, RT 01 RW 09 mengalami pergerakan tanah setelah diguyur intensitas hujan tinggi dengan durasi waktu yang lama pada Mei 2022 lalu.

BPBD menyebut, penyebab pergerakan tanah di wilayah itu karena kondisi geologisnya berada di perbukitan bergelombang yang curam serta kondisi lereng kemiringan antara 20 sampai 40 derajat. Dampak kejadian itu, puluhan rumah di Kampung Gadung mengalami kerusakan ringan hingga berat. 

Pascakejadian, BPBD menurunkan Badan Geologi untuk melakukan survey dan penelitian mengenai kontur tanah di wilayah itu. "Adapun dampak dari kejadian itu menyebabkan 30 rumah rusak dan satu area makam hancur," jelasnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat