visitaaponce.com

Ketua PGI Sulsel 38 Tahun Menanti, Akhirnya PGI Sulsel Dapat Sertifikat Tanah

Ketua PGI Sulsel: 38 Tahun Menanti, Akhirnya PGI Sulsel Dapat Sertifikat Tanah
Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni menyerahkan sertifikat tanah di Kantor Wilayah PGI Sulawesi Selatan(MI/HO)

KANTOR Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Sulawesi Selatan kini bisa bernafas lega setelah mendapat kepastian hak atas tanah yang mereka tempati. 

Penyerahan sertipikat dilakukan oleh Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni di Kantor Wilayah PGI Sulawesi Selatan, Kamis (3/1).

Ketua PGI menyampaikan rasa syukurnya saat menerima sertifikat tersebut kepada jajaran Kementerian ATR/BPN atas perhatian yang telah diberikan. Ia mengatakan, sertifikat ini bermakna banyak terhadap jemaat gereja.

“Pak Wamen, penyerahan sertipikat tanah ini mengakhiri penantian sertipikasi lahan kami setelah 38 tahun lamanya. Akhirnya kami dapat sertipikat juga. Terima kasih banyak," ujarnya kepada Wamen ATR/BPN

Politisi PSI ini lantas menyambut ucapan terima kasih tersebut seraya mengajak supaya tanah-tanah gereja khususnya di Sulawesi Selatan supaya segera didaftarkan.

“Ini kewajiban negara. Negara berkewajiban untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi pemeluk agama. Karena itu jika masih ada yang belum didaftarkan harus segera berkoordinasi dengan Kantor BPN setempat” jawab Raja.

Raja Juli menyebut sertifikasi rumah ibadah adalah manifestasi penerapan nilai luhur kebangsaan. Kementerian ATR/BPN berkomitmen untuk memastikan seluruh rumah ibadah harus tersertifikasi pada tahun 2024.

“Niat baik para umat harus dilegalisasi agar sustainable. Pak Hadi dan saya secara pribadi ingin supaya rumah ibadah dapat tersertiikasi pada  2024," tandas Raja.

Dalam acaranya penyerahan sertipikat ini, Raja Juli turut menyerahkan lima sertifikat yang terdiri dari dua aertifikat atas nama PGI, satu sertipikat Gereja Katolik Stasi Santo, satu sertipikat rumah tinggal pendeta, satu sertifikat Gereja Toraja Jemaat Kole. 

Hadir dalam kesempatan itu, Plt Ditjen Penataan Agraria, Andi Tenrisau, Direktur Penilai Tanah dan Ekonomi Pertanahan, Herjon C.M Pangabean, Plt Kanwil BPN Sulawesi Selatan, Tri Wibisono, serta Kepala-Kepala Kantor Pertanahan BPN. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat