visitaaponce.com

Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah Di OKU

Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah Di OKU
Ilustrasi(Medcom)

BENCANA puting beliung kembali terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Bencana ini terjadi di Desa Peninjauan dan Saung Naga, Minggu (20/11). Akibatnya, puluhan rumah rusak ringan hingga rusak berat.

Pemerintah Kabupaten OKU pun sudah menerjunkan tim untuk membantu warga yang terdampak. “Kami langsung menurunkan tim, saat mendapatkan informasi adanya bencana angin puting beliung di dua desa itu. Bencana ini disebabkan karena hujan yang cukup deras ditambah angin kencang,� ucap Amzar Kristofa, Kepala BPBD OKU.

Ia menjelaskan, dari hasil pendataan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun diketahui untuk rumah warga rusak berat akibat diterjang angin puting beliung di Desa peninjauan sebanyak 16 unit. Sedangkan rumah yang rusak ringan sebanyak 57 unit.

"Jumlah warga yang terdampak dari kejadian ini sebanyak 80 kepala keluarga (KK). Selain merusak rumah warga, beberapa fasilitas umum juga terdampak. Antara lain, Bank BRI Unit Peninjauan, MTS Mift Huljannah, TK-Annur Peninjauan dan Lapangan Futsal Peninjauan juga alami kerusakan. Selain itu kabel dan tiang listrik juga roboh," ucapnya.

Selain itu, akses jalan antar kecamatan di Desa Saung Naga tertutup akibat banyaknya pohon yang tumbang. "Kami bersama instansi terkait lainnya menurunkan personil dan peralatan ke lokasi kejadian untuk membantu warga membersihkan sisa-sisa material rumah yang runtuh," ucapnya.

Lalu membersihkan pohon tumbang serta melaksanakan pendataan terhadap warga yang terdampak. Pihaknya juga melaksanakan kaji cepat untuk dilaporkan ke Bupati OKU, Gubernur Sumsel, BNPB dan BPBD Provinsi Sumsel.

"Sampai saat ini, sebagian masyarakat dan petugas masih melakukan perbaikan terhadap rumah warga yang mengalami kerusakan cukup parah. Untuk akses jalan penghubung sudah dapat dilalui seperti biasa dan pihak PLN Ranting Baturaja sedang melaksanakan perbaikan terhadap tiang dan jaringan kabel yang terputus akibat pohon tumbang," pungkasnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat