visitaaponce.com

Kepala BNN Bernyanyi Dapat Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Kepala BNN: Bernyanyi Dapat Cegah Penyalahgunaan Narkoba
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Polisi Petrus Reinhard Golose.(Antara/Abriawan Abhe.)

KEPALA Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Petrus Reinhard Golose membuka secara resmi BNN RI Bali Christmas Choral Competition (BBCCC) di Kuta Bali Kamis sore (24/11). BNN bekerja sama dengan Bandung Choral Society kembali menggelar BBCCC dengan tema Sing Against Drugs. Kompetisi ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 24-26 November 2022 di GBI Rock Kuta, Badung, Bali. 

Menurut Golose, seruan perang melawan narkoba atau War On Drugs bisa dilakukan melalui seni pergelaran paduan suara. Kompetisi ini digelar untuk kedua kali di tahun ini. Selain Golose, hadir Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau biasa disebut Cok Ace beserta Forkompinda Bali dan Gembala Sidang GBI Rock Kuta Bali, Pdm. Antonius Aribowo.

Dalam sambutannya, Kepala BNN RI mengatakan bahwa ancaman bahaya narkoba tidak lagi pandang bulu. Menyanyi dinilainya sebagai cara yang paling mudah untuk mengajak masyarakat menanamkan sedari dini bahwa narkoba berbahaya, musuh negara, musuh rakyat, musuh kita semua, sesuai dengan lirik lagu Mars BNN yang menjadi lagu wajib seluruh peserta pada kompetisi menyanyi ini.

"Jadi dari anak kecil, SMP, SMA, pemudi, pemuda, di lembaga pemasyarakatan, polisi, TNI, lawyer, ibu-ibu, dan lainnya menggelorakan bersama bahwa narkoba adalah musuh bersama yang dapat menjerat semua lapisan. Ini karena narkoba tidak memandang strata dan usia yang terlibat pun fantastis mulai dari usia dini hingga tua," ujar Golose. 

Kompetisi itu menjadi soft power war on drug. Dengan bernyanyi, imbuhnya, hormon endorfin kita akan naik, menciptakan rasa senang, suka cita, bahagia tanpa menggunakan narkoba. "Kalau sudah narkoba, jaminan sembuh akan sangat susah walau direhabilitasi. Dengan bernyanyi, kita mampu berperang melawan narkoba," ujarnya.

Kompetisi bertaraf nasional itu diikuti oleh 335 peserta dari masyarakat umum, pelajar, dan mahasiswa yang terdiri dari 18 tim yang didampingi oleh 14 BNN Provinsi dengan empat kategori kompetisi, yaitu anak, remaja, dewasa, dan universitas. Kompetisi Bali Christmas Choral memperebutkan total hadiah sebesar Rp57 juta terdiri dari sertifikat, medali, trofi, dan uang pembinaan. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat