visitaaponce.com

Banjir Berbulan-bulan, Warga Luwu Utara Bangun Sekolah Darurat

Banjir Berbulan-bulan, Warga Luwu Utara Bangun Sekolah Darurat
SDN 208 Landung Dou, Desa Wara, Kecamatan Malangke Barat, Luwu Utara, Sulsel, yang terendam banjir.(Metro TV/Nur Halim Ali.)

BANJIR menerjang dua desa di Luwu Utara, Sulawesi Selatan, sejak beberapa bulan terakhir. Ini membuat sekolah di daerah tersebut ikut terendam. Akibatnya, proses belajar mengajar sempat terhenti.

Agar puluhan siswa tetap belajar, para orangtua siswa bersama pihak sekolah terpaksa membangun sekolah darurat di daerah tersebut. Ini seperti yang terjadi di SDN 208 Landung Dou, Desa Wara, Kecamatan Malangke Barat, Luwu Utara, Sulsel. 

Sejak beberapa bulan terakhir sekolah tersebut terendam banjir. Akibatnya, pihak sekolah sempat menghentikan proses belajar mengajar.

Selain karena sekolah terendam banjir akibat luapan sungai Rongkong, akses jalan menuju sekolah terendam sehingga para siswa tidak dapat melintas. Ketinggian air di jalan yang mencapai satu meter dengan arus deras dapat membahayakan keselamatan para siswa.

Baca juga: Dua Minggu Banjir Rendam Puluhan Rumah di Rokan Hilir

Menurut salah satu orangtua siswa, Hawia, mereka sepakat membangun sekolah darurat agar para puluhan siswa yang ada di daerah tersebut tetap mengikuti proses belajar mengajar. "Ini kesepakatan bersama pihak sekolah untuk membangun sekolah darurat agar para siswa dapat mengikuti proses belajar mengajar, karena kondisi banjir yang sangat membahayakan keselamatan para siswa jika ingin melintas di lokasi banjir yang mencapai satu meter di jalan," kata Hawia.

Dirinya berharap kepada pihak pemerintah agar segera membenahi tanggul sungai Rongkong yang jebol, karena daerah mereka sudah menjadi aliran sungai. "Kami berharap pemerintah segera membenahi tanggul jebol, supaya para siswa bisa kembali belajar di sekolah seperti para siswa pada umumnya," harap Hawia.

Selain merendam sekolah, hingga saat ini banjir masih merendam ratusan rumah warga yang ada di Desa Lembang-Lembang, Kecamatan Baebunta Selatan, serta Desa Wara di Kecamatan Malangke Barat, Luwu Utara, Sulsel. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat