visitaaponce.com

Empat Rumah Warga Di Desa Menawan Kudus Tertimpa Longsoran Tanah

Empat Rumah Warga Di Desa Menawan Kudus Tertimpa Longsoran Tanah
Bencana tanah longsor menimpa 6 Desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, setelah hujan rintik-rintik selama empat jam lebih, Minggu (25/12/2022(dok.BPBD Kudus)

BENCANA tanah longsor menimpa 6 Desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, material tanah menutup akses jalan hingga menimpa bangunan rumah milik warga. Lokasi paling banyak berada di Dukuh Kambangan, Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kudus sebanyak 4 bangunan rumah warga tertimpa longsoran tanah.

Paska kejadian tanah longsor di Dukuh Kambangan, Desa Menawan, Gebog, Kudus pada Minggu (25/12) sekitar pukul 11.00 WIB relawan BPBD Kudus, TNI/Polri beserta warga setempat gotong royong membersihkan longsoran tanah yang menimpa rumah warga.

"Hujan disertai angin kencang dan kondisi tanah sudah gembur mengakibatkan tanah longsor menimpa 4 bangunan di Dukuh Kambangan," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Munaji dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/12/2022).

Kerusakan akibar longsoran tanah setinggi 8 meter dan lebar 7 meter yang berada di belakang rumah warga berdampak cukup parah pada salah satu dari 4 rumah warga yang terdampak longsoran tanah. Yakni kerusakan dinding bangunan bagian belakang rumah setinggi 4 meter dan panjang 7 meter roboh. Beruntung, kejadian longsoran tanah tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

"Juga timbul retakan dengan panjang 20 meter dan tinggi 10 meter yang dikawatirkan membahayakan 2 rumah yang berada dibawah retakan dan 1 rumah yang berada teras  depan rumah warga," jelasnya.

Upaya yang sudah dilakukan relawan dilokasi yakni bersama TNI/Polri serta warga melakukan pemasangan plastik penutup longsor, guna meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. "Kerja bakti selesai pukul 17.40 WIB," terangnya.

Lanjut Munaji, selain Desa Menawan longsoran tanah juga terjadi di satu Desa lainnya di Kecamatan Gebog. Serta empat Desa di wilayah Kecamatan Dawe, yakni Desa Cranggang, Desa Tergo, Desa Colo, dan Desa Japan.

Berdasarkan peta rawan bencana tanah longsor di Kabupaten Kudus terdapat 13 Desa yang berada di wilayah Pegunungan Muria, yakni Kecamatan Dawe meliputi Desa Colo, Dukuh Waringin, Cranggang, Soco, Ternadi, Japan, Kuwukan, dan Desa Puyoh. Sementara Kecamatan Gebog Desa Kedungsari, Jurang, Menawan, Rahtawu serta Kecamatan Jekulo meliputi Desa Terban. (OL-13).

Baca Juga: Mak Ganjar Door to Door Bagikan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir di Sulsel

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat