visitaaponce.com

Gelombang Tinggi, Ratusan Nelayan Makassar Takut Melaut

Gelombang Tinggi, Ratusan Nelayan Makassar Takut Melaut
Gelombang Tinggi, Ratusan Nelayan Makassar Takut Melaut(MGN/Faizal Wahab )

CUACA buruk dan gelombang tinggi di Perairan Makassar dan sekitarnya membuat ratusan nelayan di Kota Makassar, Kabupaten Gowa serta Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan tidak berani melaut. 

Kapal-kapal nelayan berkapasitas rata-rata 3 gross ton itu hanya bisa ditambatkan di muara Sungai Jeneberang sembari menanti cuaca kembali membaik.

Baca juga: Derita Nelayan, Tidak Bisa Melaut hingga Ancaman Bangkrut akibat Tingginya Gelombang

Salah satu nelayan, Bahtiar Daeng Eka mengatakan cuaca buruk sudah terjadi dalam sepekan terakhir. 

"Cuaca yah, ombak tinggi dan angin kencang. Ketinggian ombak di laut bisa mencapai 2,5 meter dan bisa membahayakan keselamatan jiwa," ujar Bahtiar Daeng Eka, Kamis (29/12/2022).

Ia mengaku sambil menunggu cuaca normal kembali para nelayan memilih alih profesi sebagai buruh bangunan untuk sementara waktu.

"Ada juga teman-teman nelayan yang cari pekerjaan lain untuk sementara waktu seperti jadi tukang kerja bangunan," akunya.

Sejumlah nelayan lain juga memilih memperbaiki alat tangkap yang digunakan agar bisa dipakai kembali beraktivitas di laut mencari ikan.

Dengan kondisi seperti ini, para nelayan tak bisa berbuat banyak. Mereka berharap cuaca kembali bersahabat agar bisa kembali mencari ikan di tengah laut. (Mhd/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat