visitaaponce.com

Perahu Kandas Dihantam Ombak, Nelayan Terlempar ke Laut

Perahu Kandas Dihantam Ombak, Nelayan Terlempar ke Laut 
Perahu Kandas Dihantam Ombak, Nelayan Terlempar ke Laut(MGN/Iswahyudi )

PERAHU nelayan Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Kendal, Jawa Tengah, dihantam ombak besar saat hendak masuk ke muara sungai, Jumat(30/12/2022). Tiga anak buah kapal (ABK) yang nekat melaut itu berhasil menyelamatkan diri meski perahu rusak.

Kejadian berawal saat perahu yang dikemudikan Sutikno, 45, dan ABK Arifin, 50, dan Warsono, 43, nekat pergi melaut sekitar Pukul 04.00 dini hari. Ombak ketika itu masih tinggi. 

Baca juga: Warga Perumahan Elite Dievakuasi akibat Banjir Pantai Marina Semarang

Saat mereka hendak pulang ke rumah, ombak semakin besar dan perahu dihantam ombak dan angin kencang. Para nelayan itu pun terlempar ke laut dan perahu tenggelam. Evakuasi perahu yang kandas dan terbalik dilakukan warga dan petugas dengan tambang untuk ditarik ke pinggir pantai. 

Kapolres Kendal Ajun Komisaris Besar Jamal Alam membenarkan kejadian tersebut.

"Peristiwa tersebut terjadi di Muara Pantai Sendang Sikucing. Tiga orang kemudian menyelamatkan diri ke pinggir," ujar Jamal.

Perahu yang berhasil diselamatkan itu mengalami kerusakan yang serius dan mesinnya hilang. Kerugian materil diperkirakan mencapai Rp70 juta.

Jamal juga mengimbau agar dalam situasi cuaca seperti sekarang nelayan untuk tidak memaksakan diri melaut. Pihaknya juga meminta kepada Satpolairud untuk memberikan sosialisasi kepada nelayan untuk tidak melaut saat gelombang tinggi.

"Himbauan kepada masyarakat bahwa situasi saat ini terjadi cuaca ekstrem. Masyarakat yang akan melaut mohon perhatikan cuaca dan situasi," tegasnya. (Mhd/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat