visitaaponce.com

Aktivitas Pelayaran di Pelabuhan Lorens Say Maumere Sudah Normal

Aktivitas Pelayaran di Pelabuhan Lorens Say Maumere Sudah Normal
Aktivitas di Pelabuhan Lorens Say, Maumere, Kabupaten Sikka kembali normal karena cuaca membaik, Selasa (24/1/2023)(MI/Gabriel Langga)

AKTIVITAS pelayaran di Pelabuhan Lorens Say Maumere yang sempat berhenti sementara akibat cuaca ektrem, kini mulai beraktivitas normal lagi.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) L Say Maumere, Jhon Ola mengatakan sesuai dengan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG pihaknya mengambil langkah cepat demi menjaga keselamatan berlayar dengan tidak mengeluarkan surat persetujuan berlayar bagi kapal-kapal barang dan kapal pelayaran rakyat. Akibatnya banyak kapal-kapal bersandar di Pelabuhan Lorens Say Maumere.

"Cuaca ektrem kemarin itu, kita tidak mengizinkan kapal untuk berlayar. Jadi waktu itu banyak kapal yang bersandar di dermaga. Kita lakukan ini demi menjaga keselamatan pelayaran," ujar Jhon Ola, Selasa (24/1).

Pihaknya, jelas Jhon Ola, terus berkoordinasi dengan dengan BMKG dan diinformasikan cuaca sudah kembali normal. Atas dasar itu pihaknya mengeluarkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) bagi kapal-kapal. "Saat ini kapal-kapal barang sudah mulai beroperasi. Aktivitas pelayaran sudah kembali normal akibat cuaca sudah membaik," ucap dia.

Namun, Jhon Ola menegaskan jika ada peringatan dini dari BMKG berkaitan dengan cuaca maka kita tunda keberangkatan kapal. Sebaliknya, kalau  cuaca membaik sambil berkoordinasi dengan BMKG maka izin kapal untuk berlayar akan dikeluarkan.

"Aktivitas pelayaran sudah mulai normal sejak dari tanggal 10 Januari hingga sekarang karena cuaca membaik," tandas dia.

Dia tambahan, aktivitas pelayaran normal bukan saja bagi kapal-kapal barang tetapi juga bagi kapal pelayaran rakyat yang melayani penumpang antar pulau seperti Pulau Pemana, Palue, Pulau Sukun dan beberapa pulau lainnya di Kabupaten Sikka . Namun ia tegaskan kepada  pemilik kapal agar mengutamakan keselamatan dalam berlayar.

"Aktivitas kapal pelayaran rakyat yang melayani penumpang sudah normal juga. Kan cuaca sudah membaik," pungkas dia. (OL-13)

Baca Juga: Bandara Komodo Siap Sambut Pelaksanaan KTT ASEAN Ke-42

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat