visitaaponce.com

Wisata Umbul Jumprit Temanggung Ditata Ulang

Wisata Umbul Jumprit Temanggung Ditata Ulang
Wisata Umbul Jumprit(MI/Ardi Teristi)

PEMERINTAH melakukan penataan ulang pada kawasan wisata Umbul Jumprit di Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah. Proyek ini menelan biaya sebesar Rp3,6 miliar dari APBN. Wisata yang dibangun di atas tanah seluas 6.100 meter persegi dengan luas bangunan 300 meter persegi telah diresmikan Menteri PUPR awal pekan ini.

Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan penataan ulang kawasan wisata Umbul Jumprit bertujuan mendorong perkembangan wisata religi, meningkatkan kenyamanan pengunjung selama berziarah.

Proyek penataan wisata meliputi pembangunan prasarana pengendali banjir Sungai Progo Hulu dan anak sungainya dengan sumber dana dari APBN 2022 sebesar Rp7,4 miliar, pembangunan Prasarana Air Baku Umbul Jumprit yang bertujuan memenuhi kebutuhan air baku di 4 desa di Kecamatan Candiroto dan 6 desa di Kecamatan Ngadirejo menggunakan dana APBN 2022 sebesar Rp10,5 miliar.

"Pembangunan kawasan wisata Umbul Jumprit akan menambah keramaian, menambah kapasitas kunjungan wisatawan dan daya tarik Umbul Jumprit bagi wisatawan," kata Al Khadziq, Jumat (27/1).

Baca juga: Bawaslu Temanggung Buka Lowongan 279 Personel Panwaslu

Menurut dia, pembangunan sarana air baku di Umbul Jumprit akan menambah manfaat untuk desa-desa di bawahnya, sehingga mendapat sumber air bersih yang kontinyu dengan jumlah sangat cukup. Nantinya, sungai juga diberi tanggul-tanggul sehingga lingkungan hidup menjadi lebih terjaga.

Kementerian PUPR juga memperlebar jalan Jumprit sampai Sibajak sepanjang 6,2 km dan lebar 6 m yang kini menjadi jalur alternatif menuju kawasan Dieng. Ia berharap masyarakat memperoleh efek dari perbaikan ekonominya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat