visitaaponce.com

Polisi Temukan 19.548 Liter Minyakita di Gudang Weleri Kendal

Polisi Temukan 19.548 Liter Minyakita di Gudang Weleri Kendal
Ilustrasi(ANTARA FOTO/Eric Ireng)

POLISI membuka pelaku penimbunan minyak goreng bersubsidi yakni sebuah toko di Pasar Weleri, Kabupaten Kendal, yang menyimpan sebanyak 19.548 liter (17,5 ton) Minyakita yang seharusnya sudah disalurkan.

Timbunan minyak goreng bersubsidi merk Minyakita menumpuk di sebuah gudang di Pasar Weleri, Kabupaten Kendal. Ribuan karton minyak goreng yang seharusnya sudah tersalurkan ke pasaran tampak tertata rapi dan diperkirakan sudah cukup lama tersimpan.

"Jumlah minyak goreng bersubsidi Minyakita tersimpan di gudang itu mencapai 19.548 liter atau 17,5 ton, sehingga terjadi kelangkaan di pasaran," kata Kepala Satgas Pangan juga Direktur Reskrimsus Polda Jateng Kombes Dwi Subagyo.

Sebelum dibongkar petugas Satgas Pangan Polda Jateng, lanjut Dwi, pemilik Toko Tegar Jaya (TJ) Weleri sempat menjual secara bertahap sebanyak 1.146 karton (13.000 liter), ketika terjadi kelangkaan di pasar dan harga Minyakita melambung.

"Pelaku sengaja menahan penjualan hingga harga melebihi HET," tambahnya.

Baca juga: Harga Minyakita Di Bengkulu Tembus Rp18 Ribu Per Liter

Berdasarkan penelusuran dan pengakuan pemilik toko TJ, ungkap Dwi, barang sebanyak itu dibeli dari PT Dagangan Karya Indonesia (DKI), Kabupaten Kendal, yang belum terdaftar sebagai distributor di Kendal tapi terdaftar di luar Jawa Tengah.

"Rencananya Minyakita tersebut akan disalurkan kepada warga dengan harga sesuai HET Rp14 ribu per liter, tapi jika pemilik menolak maka ada sanksi hukum," tuturnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat