visitaaponce.com

Pantai Kerikil OKI Jadi Pilihan Destinasi Wisata Baru

Pantai Kerikil OKI Jadi Pilihan Destinasi Wisata Baru
Wisatawan menikmati Pantai Kerikil(MI/Dwi Apriani)

PANTAI kerikil yang terletak di Desa Sepang, Kecamatan Pampangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, kini menjadi destinasi wisata baru yang diserbu masyarakat. Sebenarnya, lokasi wisata itu bukanlah pantai pada umumnya, melainkan hanya bentangan rawa-rawa namun memiliki pasir dan kerikil di pinggirannya.

Salah satu warga Desa Sepang yang mengelola Pantai Kerikil, Indra, menjelaskan, lokasi itu disebut pantai kerikil karena memang ada kerikilnya di sepanjang pinggir pantai. Sebenarnya lokasi itu adalah hamparan rawa atau lebak tempat keseharian kerbau mandi. Namun hamparan lebak rawa itu memang sangat luas.

Awalnya lokasi itu sering dijadikan tempat bersantai anak muda, kemudian juga diabadikan dalam foto-foto mereka. Ternyata, foto-fotonya viral di media sosial dengan memperlihatkan pemandangan lebak yang cukup indah. Akhirnya, lokasi lebak tempat kerbau bermain-main menjadi ramai setiap hari, khususnya sore dijadikan tempat berswafoto.

"Kalau keberadaan pantai kerikil ini sudah dari sebulan lalu sering ramai orang ke sana. Bulan ini baru deh sangat ramai dan viral," kata Indra.

Diceritakan Indra, karena viral, lokasi tersebut bukan hanya didatangi warga Desa Sepang saja melainkan warga desa lain juga datang. Karena terus ramai, warga setempat pun mulai memberlakukan tarif masuk yakni Rp2 ribu per orang.

Warga juga menyediakan speed boat dan perahu getek bagi pengunjung yang ingin berkeliling pantai kerikil. Untuk tarifnya Rp5 ribu per orang untuk naik perahu getek dengan kapasitas penumpang sebanyak 5 orang.

Lalu untuk sewa speed boat sebesar Rp100 ribu dengan kapasitas penumpang sebanyak 7 orang. Saat ini warga menyiapkan 10 perahu getek dan 1 unit speed boat.

"Selain berkeliling menyusuri rawa dengan perahu dan speed boat, pengunjung juga bisa bermain air karena rawanya dangkal dan ada kerikil termasuk berfoto dengan suasana rawa," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab OKI Permudah Petani Dapatkan Akses Pupuk dan Produk Pertanian

Camat Pampangan Yudi Irawan optimistis Pantai Kerikil dapat menjadi objek wisata favorit baru di OKI. Pihaknya memang sangat menginginkan pantai kerikil dijadikan objek wisata atau destinasi wisata bagi masyarakat dengan fasilitas dan akses yang memadai.

"Jelas kita menginginkan pantai atau pulau kerikil ini jadi objek wisata yang patut untuk dikunjungi. Sekarang masih berkoordinasi dengan semua pihak terkait," ucap Yudi.

Dikatakannya, lokasi pantai kerikil ini sebenarnya sangat mudah yakni masuk di Desa Pulau Layang atau juga bisa melalui Desa Sepang. Saat ini Kecamatan Pampangan masih berkoordinasi dengan Polairud, Dinas Pariwisata dan juga Kepala Desa.

"Koordinasi untuk membahas bagaimana potensi wisata Pantai Kerikil ini," pungkasnya. (OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat