visitaaponce.com

Yang Mau Menikah di Kota Padang Wajib Tahu Syarat Ini

Yang Mau Menikah di Kota Padang Wajib Tahu Syarat Ini
Ilustrasi pernikahan(MI/Amiruddin AR)

CALON pengantin di Kota Padang wajib mengunduh Elsimil, aplikasi yang dikembangkan BKKBN bersama Kementerian Agama RI, untuk pencegahan stunting mulai diberlakukan sejak awal 2022.

"Sehubungan dengan hal tersebut kini di Kota Padang setiap pasangan yang akan menikah diharuskan memiliki sertifikat Elektronik Siap Nikah Siap Hamil (Elsimil)," ucap Wali Kota Hendri Septa, Senin (13/2).

Para calon pengantin (Catin) wajib mengunduh aplikasi Elsimil tiga bulan sebelum menikah. Setelah itu dibuka aplikasi Elsimil lalu mengisi kuesioner berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan calon pengantin.

Melalui aplikasi Elsimil, kata Hendri Septa, pihaknya akan melakukan penilaian otomatis untuk menentukan apakah kondisi calon pengantin perempuan 'ideal atau �berisiko' untuk hamil dan melahirkan nantinya. Hal ini cara yang ditunjukkan BKKBN pusat.

Elsimil tersebut, inovasi dari BKKBN untuk menekan angka stunting yang ditujukan kepada para calon pengantin.

Selanjutnya Sertifikat Elsimil tersebut dengan mudah bisa didapatkan hanya dengan mengunduh melalui playstore pada HP masing-masing.

"Melalui Aplikasi Elsimil mendeteksi lebih awal potensi lahirnya bayi stunting berdasarkan kondisi kesehatan calon pasangan pengantin," ucapnya. (OL-13)

Baca Juga: Inovasi Pangan Olahan Lokal Diyakini Mampu Tekan Stunting

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat