visitaaponce.com

Perubahan Status BIM Akan Pengaruhi Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Sumbar

Perubahan Status BIM Akan Pengaruhi Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Sumbar
Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sumbar.(ANTARA)

WACANA pemerintah untuk memangkas jumlah bandara internasional, dinilai bisa menyebabkan target kunjungan 8,2 juta wisatawan ke Sumatera Barat (Sumbar) tidak tercapai. Pasalnya, Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu bandara internasional yang akan diubah menjadi bandara domestik.

Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi  mengatakan pihanyaknya akan memastikan agar penurunan status tidak terjadi pada Bandara Internasional Minangkabau karena akan berdampak negatif pada ekonomi Sumbar. Apalagi, lanjutnya transportasi udara ini sangat diandalkan dan Sumbar sangat bergantung pada transportasi udara karena jalan tol belum selesai serta jalur laut yang kurang diminati.

"Kita berharap tentu status bandara internasional ini tetap dipertahankan karena akan sangat merugikan jika beralih jadi bandara domestik," kata dia, Selasa (21/2).

Sumbar menargetkan kunjungan 8,2 juta wisatawan dengan program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023. Penurunan status BIM akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan. "Kita akan coba diskusi untuk melakukan pendekatan dan lobi-lobi tentu dengan konsekuensi BIM harus memenuhi standar yang harus sesuai dengan bandara level internasional," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Safar mengatakan target yang diharapkan dari pertemuan nanti adalah upaya seluruh pihak di Sumbar dalam meyakinkan pusat agar status BIM tidak menjadi bandara domestik. "Kita akan berupaya membangun komunikasi agar status bandara ini tetap menjadi bandara internasional karena sudah mulai ada pergerakan kunjungan langsung dari negara lain seperti Malaysia dan penerbangan umroh secara langsung dari BIM," bilangnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat