visitaaponce.com

Puluhan Gempa Susulan Terjadi di Poso, Warga Diminta Waspada

Puluhan Gempa Susulan Terjadi di Poso, Warga Diminta Waspada
Ilustrasi(DOK.MI)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Palu, Sulawesi Tengah, mencatat puluhan kali gempa bumi susulan terjadi di Poso, pasca gempa bumi pertama magnitudo 5,8 melanda kabupaten itu, Senin (27/2). Tidak ada korban luka, korban jiwa, maupun kerusakan material dalam peristiwa ini.

Kepala BMKG Kota Palu, Sujabar, mengatakan, dari 10 kali gempa bumi susulan (aftershock) hingga Senin siang terbesar 4,6 magnitudo dan terkecil 2,3 magnitudo. Bahkan hingga pukul 18.00 Wita, BMKG Kota Palu mencatat sudah terjadi 36 kali gempa susulan.

"Meski masih ada gempa bumi susulan, namun kekuatannya kecil dan terus menurun," terangnya kepada sejumlah jurnalis di Palu.

Menurut Sujabar, masyarakat di Poso tetap diimbau untuk selalu waspada. "Karena gempa bumi susulan itu kapan saja bisa terjadi, sehingga masyarakat jangan beraktivitas di tempat-tempat dianggap membahayakan diri," imbuhnya.

Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Palu melaporkan, guncangan gempa bumi Poso hampir dirasakan seluruh warga yang berda di daratan. Namun demikian, tidak ada dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.


Baca juga: Lima Penumpang Minibus Tewas dalam Kecelakaan di Muara Enim


"Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Poso dan laporannya tidak ada dampak pasca gempa bumi," kata Kepala Subseksi Operasi SAR dan Siaga, Andi Sultan, secara terpisah.

SAR Palu tetap mengimbau, warga Poso untuk tenang dan tidak panik dengan isu yang disebar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Gempa bumi susulan memang masih ada, namun dengan kekuatan kecil yang tidak berdampak. Meski begitu, masyarakat cukup waspada saja," ungkapnya.

Sampai saat ini, Kantor SAR Palu juga sudah menyiagakan personel serta peralatan.

"Pos Pencarian dan Pertolongan Parigi serta Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu siap. Apa bila dibutuhkan langsung bergerak," tandas Andi.

Diberitakan, gempa bumi magnitudo 5,8 terjadi di Poso, pada Senin (27/2) pukul 09.26 Wita. Gempa bumi dengan kedalaman 10 kilometer itu disebabkan pergerakan aktivitas sesar Besowa di wilayah Doda dan tidak menimbulkan tsunami. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat