visitaaponce.com

Kebutuhan Dasar Korban Longsor Natuna Dijamin BNPB Terpenuhi

Kebutuhan Dasar Korban Longsor Natuna Dijamin BNPB Terpenuhi
Kondisi longsor di Natuna(AFP )

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjamin mencukup kebutuhan korban tanah longsor di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Bantuan terus didistribusikan ke pengungsi.

"Kita pastikan agar kebutuhan dasar selama mengungsi ini bisa terpenuhi," kata Kepala BNPB Letjen Suharyanto dalam keterangan tertulis, Kamis (9/3).

Suharyanto berjanji semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan warga terdampak. Logistik tidak hanya disalurkan ke tempat pengungsian.

Baca juga: 12 Korban Tanah Longsor Di Natuna Terindentifikasi

"Bila warga tidak berkenan di pengungsian, maka dapat menyewa rumah dengan sistem kontrak," papar dia.

Suharyanto menyebut biaya kontrak akan ditanggung negara selama masa darurat. Namun dia meminta pemerintah daerah mendata warganya supaya bantuan tepat sasaran.

Baca juga: Petani Sigi Gagal Panen Karena Sawah Terendam Banjir 

"Jumlahnya sesuai dengan aturan Rp500 ribu per kepala keluarga per bulan," ujar dia.

Alternatif lain, kata Suharyanto, bila masyarakat ingin tinggal di dekat rumahnya sendiri. Satuan tugas (satgas) gabungan akan memenuhi kebutuhan warga. "Dengan menyediakan tenda, matras, selimut, lampu garam, dan sebagainya," tutur dia.

Longsor besar menimbun satu kampung di Desa Pangkalan pada Senin (6/3) siang. Peristiwa itu terjadi akibat longsoran Gunung Jemenang di Kecamatan Serasan, Pulau Serasan, Kabupaten Natuna. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat