visitaaponce.com

Erupsi Merapi, Beberapa Wilayah Kab Semarang Dilanda Hujan Abu

SEJUMLAH wilayah di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, terdampak erupsi Gunung Merapi yakni terjadi hujan abu. Akan tetapi, hingga saat ini, hal tersebut tidak mengganggu aktivitas warga.

Pemantauan Media Indonesia, Senin (13/3), ratusan genteng rumah warga di beberapa wilayah Kabupaten Semarang seperti Getasan, Banyubiru, Ambarawa, Jambu, Pringapus dan Ungaran tampak dipenuhi abu.

"Tahu-tahu baru bangun tidur, genteng rumah warga sudah putih penuh abu," ujar Suko Wibowo, 55, warga Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Hal senada diungkapkan Indri, 44, warga Brongkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, meskipun terjadi hujan abu hingga saat ini belum ada pengaruh terhadap aktivitas warga maupun mengganggu kesehatan.

"Hanya kotor di genteng dan halaman rumah," imbuhnya.

Baca juga: Terdampak Abu Vulkanik, PMI Distribusikan Masker untuk Korban Erupsi Merapi

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang Juwair Suntara mengatakan abu vulkanik berasal dari Gunung Merapi tersebut terlihat di sejumlah kecamatan di daerah ini.

Berdasarkan laporan warga dan relawan, beberapa kecamatan yang dilanda hujan abu yakni Getasan, Banyubiru, Ambarawa, Jambu, Pringapus dan Ungaran.

"Kami minta warga waspada agar tidak menghirup abu tersebut dengan menggunakan master, ini sebagai antisipasi risiko terjadi gangguan kesehatan terutama paru-paru," ujar Juwair Suntara.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat