visitaaponce.com

WNA Italia Ditahan Imigrasi Usai Umumkan Menjadi Pelatih Tari

WNA Italia Ditahan Imigrasi Usai Umumkan Menjadi Pelatih Tari
WNA Italia yang mengumumkan (Instagram )

KASUS kejahatan dan penyalahgunaan visa kunjungan oleh warga negara asing (WNA) di Bali terus terjadi. Senin (13/3) malam, Kantor Imigrasi TPI Kelas I Denpasar menangkap WNA berkewarganegaraan Italia bernama Allegra Vasconcellos Ceccarelli (AVC) setelah mengumumkan menjadi pelatih tari Bali. 

"Petugas kami sudah melakukan penangkapan dan saat ini sudah diamankan di Kantor Imigrasi TPI Kelas I Denpasar. AVC saat ini sedang menjalani pemeriksaan secara intensif. Bila informasinya sudah lengkap, maka sanksi jelas, kita usir dari Bali dan kita usulkan untuk cekal," ujar Kepala Kantor Imigrasi TPI Kelas I Denpasar Teddy Riyandi, Selasa (14/3).

Perempuan yang tinggal di Uluwatu, Kecamatan Kita Selatan itu perperan sebagai pelatih tari dan pelatih meditasi spiritual dengan bayaran yang lumayan mahal. Padahal AVC masuk Pulau Dewata menggunakan visa turis. 

Baca juga: Turis di Bali Banyak Lakukan Pelanggaran

AVC terdeteksi usai mengumumkan dirinya membuka kelas menari melalui video di akun Instagram miliknya. Di akun media sosial itu AVC kerap berbicara tentang tarian Bali, terutama tari barong yang melekat di keseharian masyarakat Bali. 

"Ini sangat meresahkan. Tari barong yang sangat sakral tapi dilatih oleh orang asing yang tidak paham budaya Bali," ujar Teddy.

Baca juga: Wanda House of Jewels Membangun SD Negeri Oetimu NTT

Video tarian AVC dan ajakan bergabung di workshopnya terdeteksi petugas pada Minggu (12/3). Tim INTELDAKIM Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar menindaklanjuti terkait video viral itu. 

Dalam video itu AVC mengajar seni budaya tarian Bali  dan meditasi spiritual yang berkaitan dengan budaya Bali.  "Hasil pemeriksaan belum selesai. Intinya kalau memang melakukan pelanggaran maka sanksinya jelas, akan dideportasi,"  ujarnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat