visitaaponce.com

Sumbar Alokasikan 10 APBD untuk Pengembangan Pertanian

Sumbar Alokasikan 10% APBD untuk Pengembangan Pertanian
Petani mengangkut gabah seusai panen dengan mesin panen padi di areal pesawahan Sungai Lareh, Padang, Sumatra Barat, Selasa (22/2/2022).(ANTARA/IGGOY EL FITRA)

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mengalokasikan 10% dari APBD untuk pengembangan sektor pertanian. Menurut Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy kebijakan tersebut telah sesuai dengan potensi daerah.

"Untuk membangun perekonomian masyarakat suatu daerah, cara yang paling mudah adalah dengan mendukung sektor yang paling kuatnya dulu, yaitu pertanian. Itulah dasar dari kebijakan pengalokasian anggaran 10% untuk sektor pertanian,"ujar Audy,  Selasa (14/3).

Audy menjelaskan, jika ingin menilai keberhasilan suatu daerah dalam menjalankan roda pembangunannya, salah satu indikatornya dapat ditinjau dari kebijakan rencana pembangunan daerah tersebut. Apakah telah sesuai dengan potensi daerah atau belum.

Baca juga: Sumbar Mulai Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), lebih dari 50% masyarakat Sumbar mengantungkan hidupnya pada sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan. Sektor ini juga juga tercatat sebagai penyumbang 21,2% PDRB Provinsi Sumbar.

Berdasarkan data BPS terkait capaian Pemprov Sumbar tahun lalu, secara umum berhasil mencapai target. Dengan rincian, skor indeks pembangunan manusia mencapai 73,26, pertumbuhan ekonomi 4,36%, PDRB ADHK per kapita mencapai Rp32,37 juta, dan PDRB ADHB per kapita Rp 50,59 juta. Lalu gini ratio sebesar 0,292, tingkat kemiskinan terendah ke-enam di Indonesia dengan persentase 6,04%, dan tingkat pengangguran terbuka 6,28%. 

Baca juga: Sumbar Andalkan Fotografer untuk Promosikan Destinasi Wisata

"Secara umum, kebijakan pembangunan Pemprov Sumbar cukup berhasil. Hal tersebut terlihat dari data BPS Sumbar," tegas Audy. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat