visitaaponce.com

Sumbar Andalkan Fotografer untuk Promosikan Destinasi Wisata

Sumbar Andalkan Fotografer untuk Promosikan Destinasi Wisata
Pengunjung berada di Pandan View Resor dan Kafe di Kawasan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rabu (1/3/2023).(ANTARA/IGGOY EL FITRA)

DALAM rangka fasilitasi proses kreasi, produksi, distribusi, konsumsi, dan konservasi ekonomi kreatif, Pemprov Sumatra Barat (Sumbar) melalui Dinas Pariwisata menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) fotografi bagi fotografer yang ada di 14 kabupaten/kota, di Hotel Grand Rocky, Kota Bukittinggi.

Bimtek yang dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumbar diwakili Kabid Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf, Raymon itu diikuti sebanyak 70 orang peserta dan menghadirkan narasumber dari akademisi dan praktisi fotografi, yang berlangsung selama dua hari, Rabu-Kamis (8-9/3).

Raymon mengatakan, Sumbar merupakan daerah yang kaya akan potensi pariwisata dari berbagai sektor. Potensi itu perlu dipromosikan kepada publik dengan sebuah hasil foto yang diupload ke media sosial.

Baca juga: Kuliner Khas Timur Tengah Lengkapi Bali sebagai Destinasi Wisata Boga

“Peran penting seorang fotografer dalam mendukung promosi destinasi wisata melalui sebuah karya foto yang mempunyai daya jual dan menarik bagi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara,” ujarnya, Jumat (10/3).

Pihaknya berharap, agar keterampilan dan ilmu fotografer bisa bertambah di bidang pariwisata, sehingga destinasi pariwisata yang ada di daerah masing-masing bisa terpromosikan dengan baik.

Baca juga: Masyarakat Sumbar Dorong Duet Anies-AHY

“Semoga dengan bimbingan teknis ini bisa meningkatkan kemampuan para fotografer. Selain itu juga diharapkan destinasi wisata di daerah kabupaten/kota masing-masing bisa terekspos dan terpublikasi,” katanya.

Raymon menjelaskan, profesi fotografer juga banyak memiliki potensi lapangan pekerjaan, mulai dari pemerintahan, perusahaan swasta, BUMN, dan lembaga lainnya.

“Untuk itu, sang fotografer yang berkompeten hendaknya memiliki lisensi sebagai fotografer. Agar profesi keahliannya diakui di tingkat nasional hingga internasional,” pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat