visitaaponce.com

Tanggul Kali Plalangan Jebol, Jalan dan Sawah Terendam Banjir

Tanggul Kali Plalangan Jebol, Jalan dan Sawah Terendam Banjir
Ilustrasi sawah terendam banjir.(MI/Heri Susetyo)

TANGGUL Kali Plalangan, di Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, jebol sepanjang 8 meter dengan kedalaman hingga 4 meter pada Rabu (15/3) dinihari. Jebolnya tanggul anak-anaknya sungai Bengawan Solo ini dipicu akibat hujan deras intensitas tinggi dalam beberapa hari terakhir hingga membuat Kali Plalangan meluap.

Kondisi tersebut mengakibatkan lahan seluas 25 hektare di Desa Tambak Ploso dan lahan pertanian di Desa Balun seluas 30 hektare terendam. Banjir luberan tanggul juga mengakibatkan jalan desa Tambak Ploso dan akses jalan Desa Balun terendam banjir hingga 35 sentimeter. " Iya. Tapi pagi tanggul Kali Plalangan jebol, " kata Juru Bicara Pemkab Lamongan, Sugeng Widodo, Rabu (16/3) sore.

Menurut dia, tanggul anak sungai Bengawan Solo ini jebol berkisar 7-8 meter dengan kedalaman antara 3-5 meter pada Rabu dinihari. Jebolnya tanggul dipicu debit air Kali Plalangan mengalami kenaikan signifikan akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga : Banjir di Lamongan Meluas, 6.627 Rumah Terendam

Derasnya luberan air akibat tanggul jebol itu mengakibatkan pertanian seluas 25 hektare di Desa Tambak Ploso dan lahan persawahan 30 hektare Desa Balun, Kecamatan Turi terendam banjir dengan ketinggian hingga 35 cm.

Banjir juga merendam akses jalan Desa Tambak Ploso dan jalan Desa Balun sedalam 30 cm. Kondisi tersebut mengakibatkan aktivitas perekonomian warga terhambat. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lamongan juga telah melakukan asessment ke lokasi kejadian.

BPBD juga telah mengirim kebutuhan material untuk penangan tanggul, yakni 25 batang bambu, 150 lembar karung plastik dan 4 lembar terpal untuk menutup jebolan tanggul.

" Hingga saat ini tanggul dalam penanganan. Sementara kondisi permukaan Kali Plalangan masih stabil tinggi, " pungkasnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat