visitaaponce.com

Banjir di Lamongan Meluas, 6.627 Rumah Terendam

Banjir di Lamongan Meluas, 6.627 Rumah Terendam
Banjir luapan Sungai Bengawan Jero di Lamongan, Jawa Timur, yang kian meluas ke delapan kecamatan, Senin (27/2).(MI/Yakub)

BANJIR akibat luapan Sungai Bengawan Jero di wilayah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, semakin meluas, Senin (27/2). Ini seiring tingginya curah hujan di kawasan setempat dalam sepekan terakhir.

Kondisi itu mengakibatkan sebanyak 6.627 rumah, 55 gedung sekolah, 7 fasilitas kesehatan, dan 22 tempat ibadah tergenang. Banjir juga merendam 8.424 hektare lahan sawah tambak yang tersebar di 8 kecamatan.

Padahal, sebelumnya banjir baru mengenangi beberapa kecamatan. Antara lain Kecamatan Turi, Deket, Kalitengah, dan Glagah. Kini banjir telah meluas di 8 kecamatan.

Pelaksanan Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan Dianto Hari Wibowo mengatakan, total bantuan yang disalurkan sebanyak 6.500 paket sembako.

Menurut dia, Pemkab Lamongan juga telah menyalurkan bantuan 70 ton beras. Puluhan ton beras itu untuk diberikan pada 8 kecamatan yang terdampak banjir. Meliputi Kecamatan Turi, Kalitengah, Karangbinangun, Deket, Glagah, Karanggeneng, Babat, dan Laren.


Baca juga: Protes Jalan Rusak, Warga Cihampelas KBB Mancing di Kubangan


"Total bantuan yang kemudian kita salurkan sebanyak 6.500 paket dan 70 ton beras," kata Dianto.

Pertama telah disalurkan untuk korban banjir di Kecamatan Deket. "Untuk Deket sudah kita salurkan 1.200 paket dan 17 ton beras. Dan hari ini juga akan kembali kita luncurkan sisanya secara bertahap kepada 8 kecamatan," tambah Dianto.

Pemkab Lamongan juga telah melakukan sejumlah upaya penanganan banjir Antara lain pengerahan pompa air dan pembangunan pos-pos kesehatan di setiap kecamatan.

Berdasarkan data dari BPBD Lamongan disebutkan, hingga Senin terdapat 59 desa di 8 kecamatan yang masih terendam. Tinggi genangan banjir bervariasi antara 20 sentimeter hingga 75 cm.

Banjir juga mengenangi 6.627 rumah, 55 gedung sekolah, 22 tempat ibadah, dan 7 fasilitas kesehatan. Sedangkan luasan areal sawah tambak yang terendam mencapai 8.424 hektare. (OL-16)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat