visitaaponce.com

Protes Jalan Rusak, Warga Cihampelas KBB Mancing di Kubangan

Protes Jalan Rusak, Warga Cihampelas KBB Mancing di Kubangan
Aksi protes warga Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, atas kerusakan jalan yang dibiarkan bertahun-tahun.(MI/Depi)

SEJUMLAH warga di Kampung Cisarongge, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, melakukan aksi protes atas kerusakan jalan di wilayahnya dengan aksi memancing di jalan yang berubah menjadi kubangan, Senin (27/2).

Melalui aksi ini, warga mengharapkan Pemkab Bandung Barat segera melaksanakan perbaikan jalan di wilayahnya yang selama bertahun-tahun dibiarkan rusak.

"Aksi mancing sengaja kami gelar supaya keluhan ini didengar dan segera direspons dengan langsung memperbaiki jalan," ucap salah seorang warga, Muslih, 42, ditemui di lokasi.

Warga semakin kesal lantaran sudah beberapa kali melayangkan pengajuan perbaikan jalan tapi tidak pernah mendapat respons dari pemerintah setempat. Kerusakan jalan diperparah dengan hujan yang belakangan sering mengguyur wilayah tersebut.

"Kami sudah sering diajak rapat sejak Agustus tahun lalu, malah sudah sampai ada pengukuran jalan tapi sampai sekarang enggak ada  realisasinya," ujarnya.


Baca juga: Warga Cimahi Serbu Operasi Pasar Murah Beras


Sebelum ada tindakan dari pemerintah, warga secara swadaya memperbaiki jalan dengan cara menguruk kubangan menggunakan material sisa bangunan. Sebab, kerusakan jalan kerap memicu kecelakaan pengguna kendaraan.

"Setiap hari ada kecelakaan seperti jatuh dari motor, terperosok terus ada yang tergelincir. Kira-kira setiap minggu ada sekitar 3-4 kecelakaan," kata Jujun, 45, warga lainnya.

Sementara itu, warga tampaknya harus lebih bersabar sebab Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Bandung Barat belum berencana memperbaiki Jalan Cisarongge.

"Jalan Cisarongge belum masuk dalam daftar perbaikan jalan pada pagu anggaran 2023," terang Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUTR Bandung Barat, Aan Sopian, saat dihubungi.

Pemerintah lebih memfokuskan perbaikan ruas Jalan Citapen-Ciraden, Kecamatan Cihampelas, dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp4 miliar.

"Kami sudah anggarkan ruas jalan Citapen-Ciraden, untuk jalan Cisarongge kayaknya belum. Tapi nanti saya cek ulang datanya," jelasnya. (OL-16)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat