visitaaponce.com

Jejak Digital Susah Dihapus, ASN Harus Bijak

Jejak Digital Susah Dihapus, ASN Harus Bijak
Kegiatan literasi digital di sektor pemerintahan untuk ASN Daerah Istimewa Yogyakarta(Dok Ist)

MENJELANG tahun politik, para Aparat Sipil Negara (ASN) untuk bijak dalam menggunakan media sosial karena jejak digital susah dihapus.

Untuk itu sebanyak 3.154 ASN Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengikuti kegiatan literasi digital sektor pemerintahan, untuk meningkatkan kompetensi ASN dan SDM di lingkup DIY, 14-16 Maret 2023. Ditargetkan ada 18.000 ASN yang ikut pelatihan literasi digital sektor pemerintahan ini.

Kepala Diskominfo DIY, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho menyatakan bahwa menjelang pemilu, para ASN perlu menyadari bahwa ada jejak dunia maya yang daya ingatnya jauh lebih tajam dari dunia nyata.

"Maka penting untuk memahami betapa masifnya konsekuensi dari jejak digital, baik secara personal maupun profesional," pesan Hari Edi kepada para ASN yang mengikuti kegiatan literasi digital sektor pemerintahan, Senin (20/3).

Kegiatan literasi digital ASN Provinsi DIY  dilaksanakan oleh Kemenkominfo dan BPSDM Kemendagri. Ketua Tim Literasi Digital sektor Pemerintahan, Niki Maradona menambahkan bahwa ASN cakap digital akan mempercepat pelayanan kepada masyarakat dan akurasi makin meningkat.

"Dengan adanya transformasi digital, keterhubungan pelayanan publik menjadi semakin cepat. keinginan masyarakat akan kecepatan layanan dan akurasi akan meningkat," jelasnya.

baca juga: Sistem Digitalisasi PNBP Bisa Tingkatkan Pendapatan Pelabuhan

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri, Agus Irawan menyatakan bahwa menuju Indonesia Emas 2045, visi pemerintah Indonesia membangun negara maju berbekal SDM yang unggul dan dinamis dalam menghadapi perkembangan teknologi dan tantangannya.

"Pertumbuhan pengguna internet menunjukkan manfaat internet bagi kehidupan, tetapi adanya hoaks membuktikan bahwa perkembangan tersebut kurang sehat. Literasi digital diharapkan dapat menjadi solusi untuk menangkal hal tersebut," kata Agus.

Sejumlah pakar literasi digital baik dari kalangan pendidikan maupun pengembang aplikasi mengisi kegiatan literasi digital sektor pemerintahan untuk ASN DIY. (N-1)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat