visitaaponce.com

Banjir sekitar Candi Muaro Jambi, Kunjungan Wisatawan Anjlok

Banjir sekitar Candi Muaro Jambi, Kunjungan Wisatawan Anjlok
Candi Muaro Jambi.(MGN/Heru Kristiaji.)

AKIBAT luapan sungai Batanghari dalam sepekan terakhir, sejumlah titik di lokasi sekitar situs percandian Muaro Jambi, Jambi, terendam banjir dalam sepekan terakhir. Akibatnya, selain warga kesulitan untuk keluar rumah di sekitar candi Muaro Jambi, ini juga berimbas pada turunnya wisatawan yang datang hingga mencapai lebih dari 50%.

Banjir itu merendam jalan lingkungan di RT 7 Desa Muaro Jambi. Ini merupakan salah satu wilayah yang paling parah terdampak banjir akibat meluapnya sungai Batanghari. Karenanya, warga setempat harus memakai perahu jika beraktivitas ke luar rumah.

Selain mengganggu aktivitas warga Muaro Jambi, banjir luapan sungai Batanghari juga berimbas pada sepinya pengunjung atau wisatawan dari luar daerah yang datang ke situs percandian Muaro Jambi. Kompleks percandian yang diduga merupakan peninggalan kejayaan Sriwijaya tersebut tampak sepi dan lengang dalam sepekan terakhir.

Baca juga: Puasa Pertama, Ratusan Rumah di Belawan Terendam Banjir Rob

Menurut Mursalin, petugas jaga di situs percandian terbesar se-Asia Tenggara tersebut, mengatakan bahwa sejak banjir yang terus menggenangi kanal-kanal kuno di area percandian Muaro Jambi serta wilayah permukiman warga yang ikut terendam mengakibatkan turunnya wisatawan atau pengunjung hingga lebih dari 50%. 

"Selain turunnya minat warga datang ke candi Muaro Jambi akibat terjadi banjir di sekitar wilayah tersebut, ini juga karena ada kegiatan proyek penataan taman di sekitar candi Muaro Jambi," tutur Mursalin. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat