visitaaponce.com

Pasar Ramadan Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Pasar Ramadan Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
Warga Bangka serbu jajanan berbuka puasa di Pasar Ramadan di Sungai Liat, Bangka, Bangka Belitung.(MI/RENDY FERDIANSYAH)

BUPATI Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan, berkeyakinan Pasar Ramadan yang menjual beraneka menu berbuka puasa mampu membantu meningkatkan pendapat ekonomi pelaku usaha masyarakat.

Pasar Ramadan menjadi tradisi musiman setiap bulan Ramadan bagi pelaku usaha olahan menawarkan berbagai jenis makanan olahan berbuka puasa bagi umat Islam.

"Pasar Ramadan yang diikuti puluhan pedagang makanan selama kurang lebih satu bulan ke depan mampu membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)," jelas Mulkan saat membuka secara resmi Pasar Ramadhan di lingkungan halaman Stadion Orom Sungailiat, Kamis (23/3).

Baca juga: Masjid Sheikh Zayed Sediakan Ribuan Takjil Tiap Hari Selama Ramadan

Dia menyarankan pedagang yang menjual aneka makanan buka puasa, hendaknya harus mengutamakan makanan yang sehat dan tetap menjaga ketertiban serta kebersihan.

Penyelenggara Pasar Ramadan dari Yayasan Alhidayah Cenderawasih (YAC) Yudi Sulaiman mengatakan acara yang dipusatkan di lahan parkir stadion Orom Sungailiat merupakan yang kedua kali setelah lahan bazar yang sebelumnya digunakan pemerintah untuk pengembangan Puskesmas.

Baca juga: Ganjar Terapkan Larangan Buka Puasa Bersama

"Meskipun area pasar Ramadan dialihkan ke lahan parkir stadion Orom, tetapi tidak mengurangi antusias pedagang atau masyarakat untuk berkunjung, karena berada di area strategis yang mudah dijangkau," kata dia.

Terdata jumlah pedagang jajanan di pasar Ramadan mencapai 60 orang. Jumlah tersebut diprediksi masih akan bertambah. Apalagi Pasar Ramadan di Bangka dibuka di beberapa titik oleh masyarakat. (Z-6)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat