visitaaponce.com

BMKG Hujan Lebat Diperkirakan Landa Hampir Seluruh Provinsi Indonesia Hari Ini

BMKG: Hujan Lebat Diperkirakan Landa Hampir Seluruh Provinsi Indonesia Hari Ini
Ilustrasi(MI/Ramdani)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang pada Jumat (31/3).

“Terdapat potensi hujan lebat dengan intensitas lebih dari 50 milimeter (mm) per hari yang diperkirakan terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur,” tulis BMKG melalui laman resminya.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca juga: Kenaikan Suhu Indonesia Diprediksi Lebih Rendah Dibanding Rata-Rata Global

Adapun, lanjut laporan tersebut, wilayah yang berpotensi diguyur hujan dan disertai kilat adalah DKI Jakarta, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Potensi angin kencang terjadi di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

Baca juga: BMKG Ingatkan Sejumlah Daerah Waspada Karhutla

BMKG juga menangkap kegiatan sirkulasi siklonik di Kalimantan Barat, perairan utara Maluku Utara dan Laut Banda yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Laut Natuna, Laut Halmahera, Laut Banda, dan Laut Flores.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan sehingga diproyeksikan cuaca buruk akan terjadi.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat