visitaaponce.com

Ditpolairud Polda NTT Diperkuat Dua Kapal Baru

Ditpolairud Polda NTT Diperkuat Dua Kapal Baru
Ilustrasi kapal patroli Polri.(ANTARA/IZAAC MULYAWAN)

DITPOLAIRUD Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) menerima tambahan dua kapal patroli (KP) dari Mabes Polri yang dioperasikan untuk mencegah kejahatan di perairan daerah itu.

Dua kapal tersebut diresmikan oleh Kapolda NTT Irjen Johni Asadoma bersama Ketua Bhayangkari Daerah NTT Vera Asadoma-Sirat di Dermaga Ditpolairud, Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Jumat (31/3/2023) sore.

Dua kapal tersebut yakni KP Pulau Pomana dan KP Pulau Padar yang sama-sama merupakan KP tipe C. Pomana dan Padar merupakan nama dua pulau kecil di NTT.

Baca juga: Polda NTT Ikut Sosialisasi Pemanfaatan Program Asabri

Peresmian ditandai dengan pemecahan kendi yang berisi air suci, sebagai simbolis restu dari pimpinan mengawali tugas pertama dua kapal tersebut di perairan NTT.

Usai peresmian, kegiatan dilanjutkan dengan joy sailing di sekitar Teluk Kupang untuk mengetahui kekuatan kapal tersebut. Rute joy sailing dari dermaga Ditpolairud Polda NTT menuju ke Pulau Semau.

Baca juga: Kapolda NTT dan Kakorlantas Polri Cek Kesiapan Venue ASEAN Summit 2023

Kapolda mengatakan bahwa dua unit kapal tersebut  sangat cocok untuk wilayah NTT yang merupakan daerah kepulauan. "Apalagi NTT merupakan provinsi kepulauan yang juga berbatasan langsung  dengan laut Timor Leste dan Australia. Kapal ini digunakan untuk berpatroli mencegah terjadinya kejahatan di wilayah perairan yang membutuhkan penangganan dari Polri," ucap Johni.

Menurutnya, dua unit kapal tersebut juga dapat diperbantukan untuk operasi kemanusiaan seperti penanganan kecelakaan laut. "Kecelakaan-kecelakaan laut sering terjadi di wilayah perairan NTT, baik itu yang dialami masyarakat pada umumnya dan juga dialami oleh nelayan, karena itu kedua kapal ini bisa digunakan untuk membantu," harapnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat