visitaaponce.com

Pesona Kubu Gadang, Desa Wisata Terbaik di Sumatra Barat

DESA Wisata Kubu Gadang yang berlokasi di Kelurahan Elok Lubuk, Kota Padang Panjang merupakan Desa wisata terbaik di Sumatera Barat. Dari segi aksesibilitas, desa wisata ini cukup mudah dicapai.

Wisatawan yang datang dari luar Sumatera Barat bisa menggunakan pesawat terbang dan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, dari Bandara menggunakan transportasi umum seperti taksi dengan waktu tempuh ke desa wisata Kubu Gadang hanya satu jam 30 menit dengan jarak 58 km.

Kubu Gadang yang memiliki semboyan “Jadikan Kubu Gadang Kampung Halaman Anda di Sumatera Barat” ini, meramu desa dengan penuh sentuhan inovasi dalam bentuk komodifikasi tradisi – tradisi Minang menjadi gerbang paket wisata berupa kesenian, kuliner hingga permainan tradisional berbalut edukasi. Apa saja daya tarik yang menjadi pesona Kubu gadang?

Pemandangan Alam yang Elok

Desa wisata Kubu Gadang merupakan desa yang menawarkan pemandangan elok dengan hamparan sawah yang begitu luas. Desa ini terrlihat asri karena hampir 70 persen area persawahan dan ladang yang begitu produktif mewarnai desa Kubu Gadang.

Baca juga: ADWI 2023 Gaungkan Indonesia Melalui Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Desa Kubu Gadang ini juga semakin elok dan sejuk karena keberadaan gunung Marapi, gunung Singgalang dan gunung Tandikek, yang dikenal  dengan sebutan tri arga.

Maksimalkan Wisata Buatan

Desa wisata Kubu Gadang memaksimalkan wisata buatan dengan mendirikan pasar digital Kubu Gadang pada tahun 2018 yang dilengkapi dengan permainan tradisional seperti permainan pacu upiah. Atraksi ini salah satu permainan tradisional yang menumbuhkan kembali tentang kebahagian masa kecil dengan peralatan sederhana yaitu pelepah pinang.

Tak hanya itu, desa wisata kubu gadang juga memiliki fungame seperti ice breaking randai dan  permainan outbond,  experiental learning dimana wisawatan diajarkan bagaimana cara menananam padi, membuat pupuik batang padi, memetik lado kutu atau cabai rawit dan membuat kelas belajar seperti belajar Bahasa inggris.

Wisatawan Bisa Menikmati Seni Drama Randai. 

Desa wisata Kubu Gadang memiliki berbagai seni yang bisa dinikmati oleh wisatawan di antaranya adalah Randai atau drama tradisional Minangkabau. Randai merupakan pertunjukan yang menonjolkan aspek drama dan pemerannya.

Baca juga: Desa Wisata di Kawasan Danau Toba Mulai Kenali Potensi Daerah untuk Datangkan Wisatawan

Pertunjukan randai tidak hanya hiburan namun diselipkan juga Pendidikan moral, karena semua kisah yang diangkat dalam randai mengusung ajaran tentang budi, malu, Susila dan Pendidikan karakter.

 Pertunjukkan Pencak Silat

Salah satu seni yang ditawarkan juga di desa wisata Kubu Gadang adalah pertunjukan silat  yang dikenal dengan silek lanyah atau bersilat dalam lumpur.

Silek lanyah inimerupakan pengembangan dari silek tuo gunuang yang diciptakan oleh maestro silat Indonesia Inyiak Upiak Palatiang pada tahun 1915.

Baca juga: Resta Pendopo KM 456 Tampilkan 9 Desa Wisata Kabupaten Semarang

Silek tuo ini dahulunya sangat diminati oleh anak muda. Namun seiring perkembangan zaman peminat mulai berkurang, akhirnya  angku datuak sati salah seorang niniak mamak bersepakat menjadikan silek tuo gunuang menjadi sajian pertunjukan wisatawan.

Agar lebih menarik silat ini pun dipindahkan dari tanah kering ke tempat berlumpur, usaha yang dilakukan pun berhasil menjadikan silek lanyah menjadi salah satu icon desa wisata Kubu Gadang yang menarik minat dan perhatian wisatawan yang berkunjung ke desa wisata ini.

Alat musik tradisional

Desa Wisata Kubu Gadang kaya akan seni, tidak hanya silat, maupun Randai namun desa ini juga memiliki alat music tradisional yang menjadi daya tarik wisata seperti alat musik tambua, talempoang dan tasa. Atraksi alat musik tradisional ini digunakan juga untuk penyambutan tamu yang datang ke desa wisata Kubu Gadang. Tak hanya digunakan untuk arakan-arakan tamu, namun alat musik tradisional ini  diajarkan juga kepada wisatawan.

Budaya  Makan Baradik

Budaya yang dijadikan salah satu daya tarik desa wisata Kubu Gadang yaitu makan baradaik dengan petatah petitih. Makan baradaik menyuguhkan nuansa makan secara adat dan tradisi Minangkabau yang diiringi dengan petatah petitih atau pantun.  

Ada pula tradisi manyerak bareh kunyit, yaitu salah satu  prosesi yang digunakan untuk penyambutan tamu dengan diiring petatah petitih Minang oleh bundo kanduang kemudian dilakukan penaburan beras kunyit kepada tamu.

Dikunjungi Menteri Sandiaga

Desa Wisata Kubu Gadang menjadi salah satu desa yang dikunjungi menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Kunjungan yang dilakukan dalam rangkaian program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 ini dilakukan pada Sabtu (1/4). Dalam kunjungannya Menteri Sandiaga menyampaikan apresiasi atas semangat mengembangkan desa wisata Kubu Gadang.

Baca juga: Promosi Desa Wisata di Lombok-Sumbawa Fair Naikkan Kunjungan Wisatawan

Ia juga memberikan bantuan portable speaker dan tripod untuk mendukung kegiatan yang diadakan di desa wisata Kubu Gadang. Selain itu, pihak Pertamina juga memberikan bantuan CSR  secara simbolis kepada Desa Kubu Gadang.

“Tahun ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali menggelar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. Program ini merupakan salah satu unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia. Pada penyelenggaraan ketiga ini, tema yang diangkat ialah Kebangkitan Ekonomi Dari Desa untuk Indonesia Bangkit,” ujar Menteri Sandiaga. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat