visitaaponce.com

Sambut Libur Lebaran, Kawasan Wisata di Kalsel Berbenah

Sambut Libur Lebaran, Kawasan Wisata di Kalsel Berbenah
Sejumlah pedagang pasar terapung menata dagangannya di wisata Pasar Terapung, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (22/1/2023).(ANTARA/BAYU PRATAMA S)

PARA pengelola tempat wisata di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai berbenah guna menyambut libur panjang Lebaran.

Salah satunya, adalah kawasan wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam yang biasanya dikunjungi warga. "Kami prediksi pengunjung saat libur Lebaran akan meningkat tajam, mengingat situasi sekarang sudah normal tidak ada pembatasan pengunjung," kata Kepala UPT Tahura Sultan Adam, Ainun Jariah, Selasa (11/4).

Tahura Sultan Adam ialah sebuah kawasan ekowisata seluas 112.000 hektare yang membentang di dua kabupaten di Kalsel yaitu Banjar dan Tanah Laut. Kawasan wisata alam ini di dalamnya terdapat beragam objek menarik, baik yang dikelola pemerintah daerah melalui UPT Tahura Sultan Adam maupun dikelola masyarakat (Bumdes Wisata).

Baca juga: Wisata Sejarah di Semarang Yuks!

Kawasan wisata Tahura Mandiangin dan Tahura Bukit Batu adalah dua lokasi kawasan wisata yang dikelola pemerintah daerah. Objek wisata alam perbukitan, hutan hujan, air terjun, kebun binatang, camping ground, outbound hingga objek wisata bersejarah seperti rumah dan kolam belanda ada di kawasan wisata ini.

Terbaru Tahura Sultan Adam menyediakan wisata minat khusus yaitu Paralayang. Pada 2022, UPT Tahura Sultan Adam berhasil melampaui target PAD sebesar Rp3 miliar. "Tahun ini kita targetkan PAD sebesar Rp5 miliar," tambah Ainun.

Baca juga: Pariwisata Belitung Tetap Berkonsep Wisata Berbasis Masyarakat

Selain itu ada banyak objek wisata alam serupa yang dikelola masyarakat. Termasuk kawasan Waduk Riam Kanan dengan keindahan gugusan pulau-pulau menyerupai Raja Ampat di Papua Barat serta menjadi surga bagi para pehobi mancing.

Demikian juga dengan objek wisata alam lainnya di kaki Pegunungan Meratus di beberapa kabupaten biasanya juga ramai dikunjungi warga, saat libur lebaran. Seperti yang dikemukakan Rudy Redhani pengelola wisata Malaris Adventure Camp di Loksado, Hulu Sungai Selatan.

"Saat ini pun tenda glamping di objek wisata kami sudah penuh dipesan hingga Juni 2023 mendatang. Memang pascacovid-19 industri pariwisata di daerah mulai kembali meningkat, terlebih saat libur lebaran," kata Rudy. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat