visitaaponce.com

60 Ribu Kendaraan Bakal Lintasi Gerbang Kalikangkung

60 Ribu Kendaraan Bakal Lintasi Gerbang Kalikangkung
Foto udara sejumlah kendaraan roda empat memasuki Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (7/5/2022).(ANTARA/AJI STYAWAN)

JUMLAH kendaraan pemudik di Lebaran tahun ini yang akan melalui Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang diperkirakan mencapai 60 ribu kendaraan. Karena itu akan diberlakukan one way di ruas tol Cikampek-Kalikangkung untuk memperlancar arus mudik saat mencapai puncaknya.

Dari pantauan Media Indonesia pada Minggu (16/4), arus mudik semakin meningkat di ruas jalus mudik pantura dan di ruas Jalan Tol Trans Jawa. Sejak dini hari puluhan ribu kendaraan pemudik terus memasuki wilayah Jawa Tengah.

"Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Rabu (19/4) bersamaan memasuki masa libur Lebaran, diprediksikan lebih dari 60 ribu kendaraan pemudik akan melintasi Gerbang Tol Kalikangkung," kata Kepala Polrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar.

Baca juga: Jateng Mulai Dipadati Pemudik

Kepala Polda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi mengatakan terus terjadi peningkatan jumlah kendaraan melintas Gerbang Tol Kalikangkung di Kota Semarang dari sebelumnya1.000 kendaraan per jam menjadi 1.200 kendaraan per jam,
sehingga untuk mengantisipasi kemacetan dilakukan berbagai rekayasa lalu lintas.

Selain mengalirkan kendaraan ke beberapa pintu keluar tol di Pantura untuk mengurangi volume kendaraan, lanjut Ahmad, juga dikakukan penambahan gerbang dan tujuh alat tap elektrik. "Saat puncak mudik mendatang akan diberlakukan one way nasional karena terjadi lonjakan volume kendaraan di ruas tol," tambahnya.

Baca juga: Mudik Lebih Awal, Jumlah Penumpang dari Pelabuhan Merak Naik 15%

Tidak hanya di ruas jalan tol dan Pantura, kepadatan lalu lintas akibat meningkatnya jumlah kendaraan melintas juga terlibat di beberapa jalur alternatif Pemalang-Purbalingga, Pekalongan-Banjarnegara, Weleri (Kendal)-Parakan (Temanggung) dan Tuntang (Semarang)-Gubug (Grobogan). (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat