visitaaponce.com

Alun-Alun Selatan Keraton Yogyakarta Bisa Digunakan untuk Salat Id pada 21 April

Alun-Alun Selatan Keraton Yogyakarta Bisa Digunakan untuk Salat Id pada 21 April
Alun-alun Selatan, Yogyakarta, DIY.(Antara)

PIHAK Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat memberikan izin kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kemantren Kraton Kota Yogyakarta, DIY, untuk menggunakan Alun-Alun Selatan untuk kegiatan Salat Idul Fitri 1444 H/ Tahun 2023.

Hal tersebut tercantum dalam surat yang dikeluarkan oleh Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura, GKR Condrokirono.

"Saya Gusti Kangjeng Ratu (GKR) Condrokirono, selaku Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, memberi izin, pengqgunaan KgD Alun-Alun Selatan untuk Sholat Idul Fitri 1444 H/ Tahun 2023 dengan mentaati peraturan yang berlaku, menjaga kebersihan, dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat," tulis GKR Condrokirono.

Baca juga : Lokasi Salat Idul Fitri Jumat, 21 April 2023 di Bogor, Tangerang, Bekasi. Cek di Sini!

Surat itu menanggapi Surat Nomor: 01/Sek/PHBI/II/2023 tertanggal, 20 Februari 2023 Perihal Permohonan Ijin Pinjam Tempat KgD. Alun-Alun Selatan untuk kegiatan Salat Idul Fitri 1444 H/ Tahun 2023.

Salat Idul Fitri itu akan dilaksanakan pada Jumat Pahing 1 Syawal 1444 H/ 21 April 2023 pada pukul 06.00 WIB - selesai.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana menanggapi positif surat dari surat izin yang dikeluarkan Keraton Yogyakarta tersebut.

Baca juga : Warga Muhammadiyah di Bandung Salat Id di Lapangan Softball Lodaya

"Itu contoh yang sangat bagus dicontohkan oleh Keraton Yogyakarta tentang toleransi (ketika terjadi
perbedaan penentuan Idul Fitri)," kata dia

"Perbedaan waktu penentuan Idul Fitri tersebut merupakan hal yang wajar dan  masing-masing saling menghormati," kata dia.

Pasalnya, masing-masing ada landasan dalilnya dan sama-sama kuat. Menurut dia, perbedaan penentuan Idul Fitri juga pernah terjadi dan toleransi terbangun dengan baik.

Sebelumnya, Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Saiful Anwar menegaskan, pihaknya akan memastikan menjaga keamanan dan kelancaran proses ibadah shalat Idulfitri. "Kalau dilaksanakan dua kali, tetap kita amankan baik tanggal 21 maupun 22 April," tutup Saiful. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat