visitaaponce.com

Survei Indopol Jatim Pasangan Ganjar-Erick Tempati Urutan Teratas

Survei Indopol Jatim: Pasangan Ganjar-Erick Tempati Urutan Teratas
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir.(HO/Antara)

LEMBAGA survei Indopol menyebut kandidat calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Erick Thohir masih menjadi pilihan utama masyarakat dalam menentukan pemimpin Indonesia selanjutnya mendekati Pemilihan Preisden (Pilpres) 2024 mendatang.

Pasalnya, berdasarkan hasil jajak suara lembaga survei Indopol di Jawa Timur (Jatim), pasangan Ganjar - Erick mencuat sebagai yang terkuat.

Hasil Survei di Jawa Timur

Jatim dipilih oleh Indopol lantaran menjadi daerah yang memiliki DPT tertinggi di Indonesia berdasarkan data KPU RI. Pasalnya Jatim memiliki 30 juta lebih daftar pemilih tetap (DPT).

Baca juga: Nama Erick Thohir Teratas Sebagai Bakal Cawapres yang Diperbincangkan Warganet

Dari hasil temuan Indopol, duet Ganjar - Erick unggul dalam dua simulasi Pilpres 2024. Simulasi ini merupakan pertemuan tiga pasangan dalam kontestasi demokrasi mendatang.

Anies Diduetkan dengan Sandiaga

Di simulasi pertama, duet Ganjar - Erick unggul telah dari pesaingnya. Dalam simulasi ini duet kepala daerah dan menteri tersebut bertemu dengan duet Prabowo Subianto - Muhaimin Iskandar dan Anies Baswedan - Sandiaga Uno.

Ganjar - Erick unggul telah dengan elektabilitas sebesar 39.2 persen. Sedangkan di tempat kedua terdapat Prabowo - Muhaimin dengan elektabilitas di angka 18.8 persen.

Baca juga: LSI Ungkap Penyebab Anjloknya Elektabilitas Ganjar

Di tempat terakhir ada Anies - Sandiaga yang hanya mendapatkan elektabilitas sebesar 14.5 persen.

"Publik Jawa Timur memilih pasangan Ganjar Pranowo - Erick Thohir dengan nilai 39.2 persen," tulis Indopol dalam rilis survei terbarunya.

Sementara itu di simulasi kedua, Ganjar - Erick kembali unggul dengan elektabilitas sebesar 38.0 persen. Di simulasi ini Ganjar - Erick bertemu dengan Prabowo - Khofifah dan Anies - Sandiaga.

Probowo DIduetkan dengan Khofifah

Di tempat kedua terdapat pasangan Prabowo - Khofifah dengan elektabilitas di angka 21.0 dan Anies - Sandiaga di tempat ketiga dengan elektabilitas sebesar 14.0 persen.

Baca juga: Nama Ganjar-Mahfud Mencuat ke Bursa Pilpres 2024

"Publik Jawa Timur memilih pasangan Ganjar Pranowo - Erick Thohir dengan nilai 38.0 persen," jelas Indopol.

Seperti diketahui, survei Indopol dilakukan pada periode 16-24 Maret 2023. Survei ini dilakukan khusus di wilayah Jatim.

Proses pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka kepada masyarakat yang telah berumur 17 tahun atau sudah menikah dan memiliki hak pilih berdasarkan DPT KPU RI tahun 2022. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat