visitaaponce.com

Dokter Jaga Puskesmas Pajar Bulan Dikeroyok Keluarga Pasien

Dokter Jaga Puskesmas Pajar Bulan Dikeroyok Keluarga Pasien
Sebuah video viral menunjukan seorang dokter jaga di Puskesmas Pajar Bulan, Lampung, dikeroyok anggota keluarga pasien.(Metro TV/Suranto)

SEORANG dokter yang bertugas di Puskesmas Pajar Bulan, Kecamatan Way Terong, Lampung, menjadi korban pengeroyokan dua orang anggota keluarga pasien, Sabtu (22/4). Dalam video yang viral itu terlihat dr Carel Triwiyono Hamonangan, 29, dipukul. 

Atas tindakan kekerasan itu, kedua pelaku diamankan petugas Polres Lampung Barat, Senin (24/4). Mereka ialah Adi Wirahman, 32, dan  Misran Hadi, 41.

Kedua tersangka diamankan berdasarkan laporan LP/B/27/IV/2023/SPKT/ Polres Lampung Barat/Polda Lampung, tanggal 22 April 2023. Keduanya dikenakan Pasal 170 jo 351 KUHP.

Baca juga: Pelaku Penganiayaan Video Viral di Medan Ditetapkan Sebagai Tersangka

Salah satu tenaga kesehatan (Nakes) yang menjadi saksi, Esti mengatakan kronologi penganiayaan yang terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Hadi datang bersama sejumlah anggota keluarga berobat dengan keluhan nyeri pada ulu hati. 

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dr Carel, korban diberikan obat. Pemberian obat itu sesuai dengan keluhan dan berdasarkan standart operating procedur atau standar operasional prosedur (SOP).

Baca juga: Biarkan Anaknya Menganiaya, AKBP Achiruddin Hasibuan Di-nonjob-kan

"Setelah dilakukan pemeriksaan kita berikan satu suntikan dan dua obat minum. Lalu kita edukasi keluarganya dan observasi selama 15-30 menit. Setelah itu kita tanya, ternyata belum ada perubahan. Sehingga kita tunggu 1 jam lagi," papar Esti. 

Senada, Kepala Puskesmas Pajar Bulan, Minarni mengatakan korban telah menjelaskan kepada keluarga pasien bahwa obat sudah diberikan dan perlu observasi menunggu obat bekerja. Namun pasien sepertinya tidak sabar.

"Jadi kata dokter, sabar dulu tunggu reaksinya. Tapi kalau sudah tidak tahan, apa kita ke IGD karena di sana lebih lengkap. Sepertinya miskomunikasi, pasiennya marah," ujar Minarni

Entah apa yang dipahami, Misran tiba-tiba berbicara dengan nada tinggi dan marah. “Apa yang sudah dilakukan Puskesmas di sini," ujar Misran.

Atas pernyataan itu, korban menjelaskan pihaknya sudah memberikan obat dan melakukan tindakan sesuai prosedural.

Tiba-tiba Misran langsung menarik korban, mencekek, dan membanting korban ke lantai. Secara bersamaan keluarga lainya turut menyerang korban. Atas kejadian itu korban melaporkan ke Polres Lampung Barat dan pelaku kini telah diamankan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat