visitaaponce.com

Petugas Evakuasi Kapal Cepat yang Terbalik di Riau, 12 Dinyatakan Tewas

PETUGAS gabungan berhasil mengevakuasi kapal cepat Evelyn Callisca yang terbalik di perairan Kateman, Sungai Gantung, Kabupateng Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Sebanyak 12 dari 51 penumpang kapal tersebut dinyatakan tewas, 35 orang selamat, dan sisanya masih dalam pencarian. 

"Data terkonfirmasi saat ini sebanyak 12 orang meninggal dunia, terkait perkembangan lainnya akan segera diinformasikan lagi," ujar Kapolres Inhil Norhayat. 
  
Diketahui kapal cepat itu terbalik setelah menabrak kayu pada Kamis (27/4) sekitar pukul 13.40 WIB. Kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Pelindo Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, menuju Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Baca juga: Mobil Berisi Keluarga Tabrak Tronton Parkir,  Tiga Tewas dan Dua Luka-luka

Korban luka sudah dievakuasi ke RSUD Raja Musa Kecamatan Kateman. Kepolisian bersama Basarnas dan masyarakat setempat melakukan pencarian terhadap penumpang yang hilang. 

Evakuasi kapal cepat itu sudah dilakukan menggunaka kapal setempat menuju Pelabuhan Sungai Guntung. Setibanya di pelabuhan, kapal yang dibawa dalam kondisi terbalik itu akan dikembalikan ke posisi awal.

Baca juga: Pengelola Pelabuhan Raha Ajak Warga Beli Tiket secara Daring

"Kapal belum bisa dibalik, proses manual tidak bisa dilakukan. Kita bawa ke pelabuhan, di sana ada crane. Nanti kita lihat apakah masih ada korban atau tidak di dalam kapal," kata Kapolres.

Kapolres mengatakan bagi keluarga korban bisa mendatangi posko di Polsek Kateman, untuk mendapatkan identitas korban yang lengkap. 

Dalam peristiwa ini, Kapolres Inhil AKBP Norhayat menegaskan agar pentingnya sinergi pihak terkait, operator kapal dan pengguna jasa dalam mewujudkan keselamatan pelayaran.
  
"Kami minta dukungan dari operator dalam hal ini pemilik kapal dan nakhoda untuk juga mengutamakan keselamatan pelayaran agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa yang akan datang," ucapnya. (Ant/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat