visitaaponce.com

Lima Kabupaten Rawan Karhutla, Kalsel Terjunkan Satgas ELang Darat

Lima Kabupaten Rawan Karhutla, Kalsel Terjunkan Satgas ELang Darat
Ilustrasi(Antara)

MEMASUKI musim kemarau dan cuaca ekstrem, lima kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Untuk itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengukuhkan Satgas Elang Darat untuk membantu penanganan karhutla.

Kelima kabupaten yang rawan karhutla itu tersebar di Barito Kuala, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, Rabu (3/5).

Roy meminta agar lima kabupaten tersebut untuk segera menetapkan status siaga bencana Karhutla, agar penanganan karhutla dapat dilakukan sedini mungkin seperti melakukan hujan buatan (TMC) hingga bantuan helikopter dari BNPB untuk penanganan karhutla lewat udara (Satgas Udara).

Baca juga : Titik Panas Paling Banyak di Dumai dan Babel

Kalsel sendiri mengusulkan bantuan dua helikopter patroli dan delapan helikopter water boombing untuk menghadapi ancaman karhutla. Pada bagian lain, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengukuhkan Satgas Elang Darat untuk membantu penanganan karhutla di Kalsel.

Pengukuhan Satgas Elang Darat ini disela-sela kegiatan Peringatan Hari OTDA ke 27 dan Hardiknas 2023 di Banjarbaru, Rabu (3/5).

Baca juga : Karhutla, BRIN Persiapkan Modifikasi Cuaca di Jambi Selama 12 Hari

Satgas elang darat yang beranggotakan perwakilan instansi, organisasi dan masyarakat ini bertugas melakukan pembasahan dan pembersihan areal sekitar karhutla agar tidak meluas.

Namun sejauh ini meski kemarau mulai berlangsung hujan masih turun di sebagian wilayah Kalsel. Kondisi ini menyebabkan Kalsel masih aman dari karhutla. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat