visitaaponce.com

BNN Gelar Dialog Pemuda Nusantara di Sulteng

BNN Gelar Dialog Pemuda Nusantara di Sulteng
Deklarasi Perang Melawan Narkoba yang dibacakan utusan Purna Paskibraka Sulteng.(MI/MITHA MEINANSI)

SEKITAR 500 orang yang merupakan elemen mahasiswa, pemuda dan pelajar mengikuti dialog Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Pemuda Nusantara, yang diselenggarakan 
Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Rabu (10/5).

Kegiatan tersebut  berlangsung di Sriti Convention Hall, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), dan mendatangkan para peserta dari beberapa kabupaten se-Sulteng, serta dihadiri langsung Kepala BNN Komjen Petrus Reinhard Golose sebagai narasumber.

"Dengan melaksanakan strategi War On Drugs, diharapkan dapat menciptakan kondisi Indonesia Bersinar, bersih narkoba," ujar Petrus dihadapan peserta.

Baca juga: Pasutri Polisi dan Jaksa Ditangkap Diduga Peras Terdakwa Narkoba

Menurutnya, Sulteng di pilih menjadi lokasi pelaksanaan Dialog Pemuda Nusantara, karena hasil operasi narkoba dalam tiga tahun belakangan dinilai cukup besar terutama untuk methamphetamine atau sabu.

Selain itu, tingkat hunian di lapas perempuan yang ada di Sulteng, didominasi kasus narkoba. Tercatat sebanyak 75% penghuni lapas perempuan di Palu terjerat dalam kasus narkoba. Sehingga menurut Petrus fokus penanganan narkoba di Sulteng adalah kaum perempuan.

"Hasil monitoring, dari 183 narapidana yang berada di lapas perempuan, 138 itu adalah narkotika. Kalau kita lihat itu sekitar 75%," kata Petrus.

Baca juga: Terlibat Narkoba, Lima Polisi Diberhentikan Tidak dengan Hormat

Mantan Kapolda Bali itu juga berharap para peserta dialog Pemuda Nusantara menjadi duta antinarkotika yang bekerja sama dengan BNN sebagai leading institution dalam penanggulangan narkotika.

Dalam kegiatan tersebut berlangsung juga peluncuran program calon pengantin (catin) bersinar, lapas perempuan bersinar, kampus bersinar dan desa bersinar, yang bertujuan agar menggerakkan masyarakat memiliki daya tahan resiliensi terhadap bisikan dan tarikan dari bandar atau pengedar untuk tidak ikut memakai narkotika.

"Jadilah pemuda yang menjaga dan menjunjung tinggi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," pesan Petrus.

Dalam acara tersebut hadir pula unsur Forkopimda Sulteng serta sejumlah tamu undangan lainnya. Mereka turut menyaksikan Deklarasi Perang Melawan Narkoba yang dibacakan dua orang utusan Purna Paskibraka Sulteng. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat