visitaaponce.com

RSUD Kudus Siapkan Bangsal untuk Caleg Gagal Pemilu yang alami Gangguan Kejiwaan

RSUD Kudus Siapkan Bangsal untuk Caleg Gagal Pemilu yang alami Gangguan Kejiwaan
Ilustrasi - RSUD Kudus menyiapkan bangsal untuk para caleg yang mengalami gangguan mentl setelah gagal di pemilu 2024(Medcom)

MENGHADAPI Pemilu 2024, sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah, menyiapkan konsultasi  psikologi dan bangsal untuk calon anggota legislatif (caleg) yang gagal. 

Pemantauan Media Indonesia, Kamis (11/5), rumah sakit yang bersiap di antaranya, Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Solo, RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus. 

"Tidak hanya karena caleg gagal dalam pemilu, kita juga menyiapkan untuk membentengi mental psikologisnya, sehingga tidak mudah mengalami depresi," kata Direktur RSUD dr Loekmono Hadi Kudus Mustiko Wibowo.

Baca juga: PKS Daftarkan 55 Bacaleg, Targetkan 15% Suara

Dalam perawatan gangguan psikologis itu, ungkap Mustiko Wibowo, RSUD Kudus ini memiliki dokter spesialis jiwa, dokter psikologi klinis, dan perawat jiwa bersertifikat serta memiliki apotek klinis khusus pasien gangguan jiwa.

Selain itu, Mustiko mengatakan ada 40 tempat tidur yang tengah mereka siapkan. "Saat ini
ada 30 tempat tidur terisi," imbuhnya.

Baca juga: Peningkatan Layanan Kesehatan di Jawa Tengah Era Ganjar Pranowo Bikin Warga Puas

Sebagai upaya antisipasi, RSUD dr Loekmono Hadi Kudus juga siap menambah jumlah tempat perawatan untuk meningkatkan kapasitas sesuai pemilu mendatang.

Rumah sakit ini juga telah menyiapkan berbagai layanan gangguan kejiwaan, ujar Mustiko Wibowo, termasuk memastikan pasien mengalami gangguan jiwa dengan identifikasi pasien. "Jika gejalanya belum berat baru akan dilakukan perawatan," tambahnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat