visitaaponce.com

Klinik di Cianjur Beri Pengobatan Gratis, Bayar dengan Mengaji atau Nyanyi Indonesia Raya

Klinik di Cianjur Beri Pengobatan Gratis, Bayar dengan Mengaji atau Nyanyi Indonesia Raya
Direktur Klinik Harapan Sehat, Yusuf Nugraha(MI/Benny)

KLINIK Harapan Sehat di Desa Sukasari Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menginisiasi pengobatan gratis bagi masyarakat kurang mampu. Masyarakat bisa membayar biaya pengobatan hanya menukarnya dengan sampah plastik botol bekas air mineral maupun menyanyikan lagu Indonesia Raya serta mengaji Al-quran.

Direktur Klinik Harapan Sehat, Yusuf Nugraha, mengaku inisiasi yang dilakukan kliniknya tak terlepas upaya memberikan azas kebermanfaatan bagi masyarakat. Artinya, masyarakat kurang mampu juga memiliki hak mendapatkan pelayanan kesehatan sekalipun mereka tak memiliki biaya.

"Program ini sudah berjalan cukup lama. Jadi, pasien dari kalangan tidak mampu bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis hanya dengan menukarkan botol plastik bekas, menyanyikan Indonesia Raya, atau bagi pasien muslim bisa mengaji Alquran," terang Yusuf, Minggu (14/5).

Baca juga: Puluhan Napiter Dapat Layanan Kesehatan di Lapas Gunung Sindur

Yusuf ingin menularkan konsep tersebut ke berbagai klinik yang ada di Kabupaten Cianjur. Sebagai Ketua Asosiasi Klinik Indonesia (Asklin) Kabupaten Cianjur, Yusuf menegaskan agar keberadaan klinik tidak semata dipandang berorientasi keuntungan.

"Saya ingin mengubah paradigma itu. Selama ini orang pasti berorientasi klinik itu profit oriented, orientasinya hanya keuntungan, bisnis kesehatan. Tapi harus diubah bagaimana caranya klinik juga bisa memberikan azas kebermanfaatan bagi masyarakat," tegasnya.

Yusuf memastikan menjalani program tersebut hampir 15 tahun, tidak ada kerugian finansial yang dialami. Malahan ketika menjalaninya dengan ikhlas, pasien ke Klinik Harapan Sehat justru semakin bertambah.

Baca juga: Hindari Pengobatan Sendiri, Masyarakat Disarankan Manfaatkan Telemedicine

"Saya yakin rezeki itu datangnya dari Allah SWT. Jadi, pada kepengurusan Asklin Kabupaten Cianjur ini, saya menyarankan agar mulai mengubah paradigma klinik yang bukan hanya mencari keuntungan semata. Tapi harus ada azas kebermanfaatan bagi masyarakat," pungkasnya.

Ketua Umum Asklin, Eddi Junaidi, keberadaan Asklin di setiap daerah, termasuk di Kabupaten Cianjur, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

Selain itu, Asklin juga menjadi sebuah organisasi yang mengontrol dan mengawasi aktivitas kljnik-klinik kesehatan.

"Sehingga keberadaan klinik bisa lebih berkualitas untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," kata Eddi ditemui seusai melantik kepengurusan Asklin Kabupaten Cianjur di Pancaniti komplek Pendopo Cianjur, Sabtu (13/5).

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat