visitaaponce.com

Ratusan Titik Api Muncul di Kawasan Hutan Kalimantan Selatan

Ratusan Titik Api Muncul di Kawasan Hutan Kalimantan Selatan
Ilustrasi - Sepanjang tahun 2023 terdapat 248 titik api di Kalimantan Selatan.(MI/Denny Susanto)

RATUSAN titik api muncul di kawasan hutan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sepanjang 2023. Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) berkomitmen mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Berdasarkan data Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, jumlah titik api yang muncul di dalam kawasan hutan hingga Mei 2023 sebanyak 248 titik api. "Titik-titik api tersebut masih bisa dikendalikan, sementara luas kawasan hutan yang terbakar hanya 3,33 hektare (Ha)," ungkap Bambang, Kepala Seksi Karhutla Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Selasa (23/5).

SeEcara keseluruhan, sebanyak 541 titik api dengan luasan kurang dari 100 Ha muncul di Kalsel. Bambang mengatakan pihaknya telah meningkatkan kesiapsiagaan terkait antisipasi semakin meluasnya karhutla di Kalsel, melalui sosialisasi dan patroli di lapangan.

Baca juga: Mendagri Terbitkan Instruksi bagi Kepala Daerah untuk Antisipasi Karhutla

Terkait cuaca ekstrem dan ancaman karhutla ini, Dewan Pembina GAPKI Kalsel, Totok Dewantoro menegaskan pihaknya berkomitmen mengantisipasinya, khususnya di wilayah konsesi perkebunan kelapa sawit. "GAPKI Kalsel telah berkoordinasi dengan aparat terkait seperti Polda/Polres/Polsek, BPBD provinsi/kabupaten, Pemda dan BMKG untuk memantau titik-titik api di daerah rawan kebakaran," tuturnya.

Selain itu pihaknya juga menerbitkan surat himbauan kepada seluruh anggota GAPKI untuk menyiapkan regu-regu pemadam kebakaran berikut perlengkapan dan menara pantau. "Kemudian kita mengajak warga sekitar kebun agar tidak membakar lahan atau jika perlu dalam persiapan pembukaan ladang berkoordinasi dengan perusahaan agar karhutla dapat diantisipasi," tambah Totok.

Baca juga: Pemerintah Daerah Diingatkan Dampak Kekeringan Akibat El Nino

Sebelumnya Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizalie Anwar mengatakan ada enam daerah di Kalsel rawan karhutla yaitu Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Barito Kuala. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat