visitaaponce.com

Potensi Karhutla di Babel Tinggi

Potensi Karhutla di Babel Tinggi
Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Bangka Belitung pada Juli 2021.(MI/RENDY FERDIANSYAH)

POTENSI kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bangka Belitung (Babel) menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terbilang tinggi. Hal itu di picu tiga kombinasi Fenomena di musim kemarau.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji mengatakan dari informasi BMKG Pusat ada tiga fenomena yang akan memengaruhi kondisi cuaca Babel di sepanjang musim kemarau 2023:

Pertama, adalah aAdanya potensi El Nino level lemah pada awal Semester II. Kemudian kedua, Babel termasuk wilayah yang diprediksi akan mengalami kemajuan musim kemarau sekitar 10 hari.

Baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Kekeringan dan Karhutla di Sumsel

Ketiga, Babel termasuk wilayah yang diprediksi mengalami sifat hujan di bawah normal atau lebih kering dibanding tahun-tahun normal.

"Kombinasi 3 fenomena ini, maka potensi karhutla dan kekeringan akan cukup tinggi khususnya dipuncak musim kemarau," kata Kurniaji, Selasa (23/5).

Kendati Babel saat ini sudah masuk musim pancaroba. Namun, potensi hujan tetap masih ada.

Baca juga: Antisipasi Karhutla, Angkasa Pura Siagakan Pemadam Kebakaran

Pihaknya terus menghimbau masyarakat untuk tetap waspada potensi bencana yang di timbulkan saat musim kemarau. "Ada kekeringan, kemudian potensi karthula kita tinggi karena tiga fenomena tadi. Makanya kita iimbau masyarakat tetap waspada," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Babel Mikron Antariksa mengatakan pihaknya sudah siap siaga mengantisipasi peringatan dari BMKG.

"Total untuk personel yang sudah kita siagakan sebanyak 70 orang, Mereka siap mengatasi atau ambil tindakan jika ada karhutla," kata Mikron. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat