visitaaponce.com

Usakti dan Pemprov Bali Jalin Kerja Sama Implementasi Ekonomi Kerthi Bali

Usakti dan Pemprov Bali Jalin Kerja Sama Implementasi Ekonomi Kerthi Bali
Pertemuan Pemprov Bali dan Universitas Trisakti untuk menjalin kerja sama transformasi perekonomian di Bali.(Ist)

PENURUNAN dampak kesehatan, sosial, dan ekonomi akibat pandemi Covid-19 sangat dirasakan di Indonesia terutama di wilayah tujuan pariwisata seperti Bali.

Adanya kebijakan travel restriction pada saat pandemi sangat berdampak terhadap Bali yang sistem ekonominya masih bertumpu pada sektor pariwisata.

"Oleh karena itu, perekonomian Bali membutuhkan transformasi ke arah perekonomian yang lebih berkelanjutan," kata Rektor Universitas Trisakti (Usakti) Prof. Dr. Kadarsah Suryadi DEA dalam keterangan pers, Minggu (4/6/2023).

Baca juga: BSKDN Kemendagri Minta Pemprov Bali Gencarkan Riset Untuk Pembangunan Lebih Efektif

Pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Bali bersama-sama melakukan upaya transformasi ekonomi dengan berkolaborasi dengan komponen masyarakat lainnya. 

Perkuat Diversifikasi Ekonomi

"Transformasi tersebut menjadi sebuah peluang ekonomi Bali untuk lebih memperkuat diversifikasi sektor ekonomi," kata Prof.Kadarsah.

Transformasi ekonomi Bali dilakukan secara struktural secara sektoral dan transformasi perubahan dalam tata cara kehidupan dunia usaha dan kondisi perekonomian. 

"Transformasi ekonomi tersebut sekaligus membangun ekonomi Bali menjadi lebih hijau dan berkelanjutan dengan konsep 'Ekonomi Kerthi Bali'," ujar Rektor Usakti.

Apresiasi Implementasi Konsep Ekonomi Kerthi Bali

Atas semua upaya ini, Usakti memberikan apresiasi implementasi konsep Ekonomi Kerthi Bali yang telah dilaksanakan dan akan terus mendukung implementasi dari konsep tersebut.

"Apresiasi ini kami berikan kepada pemerintah daerah provinsi Bali, korporasi, pelaku usaha, dan mitra kami di dunia pendidikan. Semua wakil dari pemangku kepentingan ini telah bersama-sama membangun kegiatan yang berdampak positif pada masyarakat," papar Prof.Kadarsah.

Baca juga: Lemahnya Pengawasan Jadi Penyebab Banyak Turis Asing Bekerja Ilegal di Bali

Pemberian apresiasi diawali dengan serangkaian kegiatan sejak Februari 2022, dan diikuti oleh observasi langsung ke lapangan untuk melihat rangkaian implementasi program Ekonomi Kerthi Bali.

Unsakti juga bekerja sama dengan Universitas Hindu Indonesia (Unhi) yang melakukan serangkaian kegiatan ini adalah :

Mengadakan diskusi secara virtual 'Bangkitkan Baliku' yang merupakan kolaborasi antara multistakeholder pada 17 Februari 2022.

"Diskusi ini langsung dihadiri oleh Pak Gubernur (I Wayan Koster) dan saya juga ikut serta," kata Prof.Kadarsah.

Selanjutnya, melaksanakan konferensi 'Ekonomi Kerthi Bali' pada 16 April 2022 di Bali.

Pada acara ini Usakti ikut memaparkan konsep Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang sejalan dengan konsep Ekonomi Kerthi Bali.

Melakukan asesmen lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) atas program Ekonomi Kerthi – Bali pada 26 hingga 29 Desember 2022.

Melakukan pendampingan atas program kerja sama dengan PT Impack Pratama, Tbk dan BCA untuk kegiatan Kawasan Produksi – Bedetan Perancak, Jembrana yang diresmikan kemarin, Jumat, 2 Juni 2023 oleh Ibu Putri Koster, sebagai Ketua Tim Penggerak PKK-Bali.

Baca juga: Lenny Hartono Berharap Bali International Fashion Festival 2023 Diminati Wisatawan

Selama kunjungan lapangan, pada 27-29 Desember 2022, tim Usakti dan Unhi melakukan observasi atas penerapan peraturan Pemerintah Daerah yang mendukung Program Ekonomi Kerthi Bali.

Kunjungan dilakukan pada:

1. Sektor Pertanian: Sistem Pertanian Organik di daerah Jatiluwih.

2. Sektor Kelautan dan Perikanan: Petani Garam Kusamba

3. Sektor Industri: Produksi Arak Bali

4. Sektor IKM, UMKM, dan Koperasi: Art Center Taman Budaya

5. Sektor Pariwisata: Desa Wisata Jatiluwih

"Program – program dalam setiap sektor tersebut adalah pemberdayaan masyarakat yang memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar dan mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," jelas Prof.Kadarsah.

"Atas semua kegiatan yang baik ini, dan terutama didukung dengan Peraturan Daerah yang menjadi payung kegiatan, maka kami memberikan apresiasi sebagai bentuk dukungan atas implementasi Ekonomi Kerthi Bali dan dukungan atas percepatan tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," terangnya.

 "Dukungan dan apresiasi ini kami wujudkan juga dengan penandatanganan MoU antara Pemerintah Daerah Provinsi Bali dan Universitas Trisakti," kata Prof.Kadarsah.

Kami sangat berharap agar kegiatan yang sudah ada dapat dibina dan benar-benar dikembangkan untuuk mencapai keberlanjutan.

Ada beberapa catatan perbaikan yang sudah Rektor Usakti sampaikan langsung kepada Gubernur Bali I Wayan Koster.

Baca juga: International CubMu Jazz Festival Segera Dihelat di Bali

Catatan perbaikian di antaranya koordinasi lintas substansi, perbaikan kualitas produk UMKM, pasar yang lebih berkembang untuk produk UMKM, serta pendidikan yang terus harus dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan dan membuka cara pandang.

"Selain itu, kami juga berharap agar program-program diversifikasi ekonomi Kerthi Bali dapat dikembangkan dan tidak berhenti sampai disini sehingga benar-benar berdampak pada kesejahteraan masyarakat dan lingkungan di Bali," papar Prof.Kadarsah

"Mari kita bersinergi, bersatu membangun Bali, menjaga Bali tetap sehat, berbudaya, ramah lingkungan, dan menjadi kebanggaan Indonesia untuk generasi yang akan datang," tutur Rektor Usakti. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat