visitaaponce.com

Dukung Ekonomi Kreatif, AKI 2023 Sukses Digelar di Kudus City Walk Mall

Dukung Ekonomi Kreatif, AKI 2023 Sukses Digelar di Kudus City Walk Mall
Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 sukses dilaksanakan di Kudus City Walk Mall, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.(Isr)

PAMERAN Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 telah sukses di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan dan sejumlah kota serta kabupaten di seluruh Indonesia.

Pameran AKI digelar di 16 kota dan Kabupaten di seluruh berbarengan dengan pelaksanaan pameran serupa di kota Purwokerto, Jawa Tengah.

Pameran AKI juga telah sukses dilaksanakan di Kudus City Walk Mall, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pada 9 – 11 Juni 2023.

Baca juga: Kadin DKI Siap Kolaborasi Dukung Apresiasi Kreasi Indonesia 2023

Pelaksanaan AKI tahun ini merupakan tahun ketiga dari program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bertujuan membangkitkan kembali perekonomian pelaku ekonomi kreatif dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Peserta Pameran Telah Ikuti Perkembangan Dunia 

Direktur Kuliner Kriya Desan dan Fesyen, Kemenparekraf, Yuke Sri Rahayu, menyampaikan,“Saya lihat dari kunjungan ke 20 booth pameran AKI Kudus, produk yang ada sudah mengikuti perkembangan dunia."

"Ada nilai sustainable di sana, juga menggunakan potensi alam dari wilayah Kudus dan Jawa Tengah,” jelas Yuke Sri Rahayu dalam keterangan pers, Rabu (14/6).

Kemenparekraf mengajak pengusaha atau pelaku ekonomi kreatif untuk menerapkan prinsip 3Si yakni inovasi, adaptasim dan kolaborasi.

Selain itu juga Kemenparekraf sedang terus meningkatkan untuk digitalisasi bagi pelaku usaha ekonomi kreatif.

Baca juga: Kemenparekraf Usulkan Hari Ekonomi Kreatif Dirayakan 24 Oktober

Saat ini UMKM yang sudah terdigitalisasi on boarding di platform e-commerce pada tahun 2023 akhir, akan ada sekitar 20 juta UMKM dan ditargetkan sebesar 30 juta UMKM  sampai awal tahun 2024.

Gelar Creatif Talkshow

Pada pelaksanaan Pameran AKI 2023 Kudus, Direktur Kuliner Kriya Desain dan Fesyen, Kemenparekraf Yuke Sri Rahayu melaksanakan Creative Talkshow bersama Chikita Fawzi, seorang public figure, penyanyi, dan pengusaha.

Chikita Fawzi juga berencana melakukan kolaborasi produk dengan salah satu peserta AKI di Kudus.

Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 yang dilaksanakan di Kudus City Walk.

Baca juga: Pameran Informasi Destinasi Wisata dan Produk Ekonomi Kreatif Digelar di Smesco

Kudus City Walk Mall adalah salah satu tempat pusat pembelanjaan di Kudus dan juga diharapkan bisa menjadi wadah promosi yang maksimal untuk produk dan karya terpilih, sehingga pendampatan akan meningkat dan UMKM Kreatif naik kelas.

AKI 2023 Digelar di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik, yang akan diselenggarakan di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Program ini diharapkan hadir untuk mendorong UMKM kreatif Indonesia naik kelas dan percepatan pertumbuhan ekonomi, dengan tema yang diangkat “Produk Indonesia untuk Ekonomi Kuat."

Baca juga: Sandiaga Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Pangkalpinang Terus Berkarya dan Berinovasi

Tujuan program AKI di antaranya memberikan kontribusi eonomi melalui ekonomi kreatif pasca-pandemi, mencari dan menciptakan “ikon” produk ekonomi kreatif baru yang bisa melekat di masyarakat, bahkan bisa mendunia.

Selain itu, AKI juga diharapkanmendorong daya beli masyarakat dan mendukung kampanye pemerintah #BanggaBuatanIndonesia.

Adapun manfaat yang bisa dirasakan peserta adalah membangun jejaring dan database, produk atau karya terpublikasikan, dan memperluas pangsa pasar. (RO/S-4)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat