visitaaponce.com

Mahfud MD dan Ridwan Kamil Bahas Nasib Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang

Mahfud MD dan Ridwan Kamil Bahas Nasib Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang
Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Panji Gumilang (kiri) seusai menjalani pemeriksaan di Gedung Sate Bandung, Jabar, Jumat (23/6).(Antara)

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memanggil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, untuk rmembahas nasib Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu.

Kepala Badang Kesbangpol Jabar Iip Hidajat di Bandung, Sabtu (24/6), mengatakan, pertemuan dengan Menkopolhukam digelar di Jakarta pada Sabtu (24/6) sore. Nantinya, gubernur bakal melaporkan hasil  pertemuan antara tim investigasi dengan pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji  Gumilang.

"Tim investigasi sudah melaporkan hasil pertemuan kemarin dengan Panji Gumilang secara khusus kepada gubernur. Tim investigasi sudah memberi laporan tertulis apa yang menjadi bahan-bahan dari pertemuan kemarin  kepada gak Gubernur," jelasnya.

Baca juga : Tidak Tegasnya Pemerintah terhadap Al-Zaytun Picu Spekulasi Ada ‘Backing’ Orang Kuat

Menurut Iip, Emil --panggilan akrab Ridwan Kamil-- hadir ke Jakarta ke Menko Polhukam karena diundang, di antaranya bahasannya berkaitan dengan itu (Al-Zaytun).

"Tentu gubernur akan melaporkan berkaitan dengan perkembangan dan juga hasil tim investigasi," imbuhnya.

Baca juga : Mantan Pendiri Pesantren Blak-blakan Soal Kontroversi dan Ajaran Sesat di Al-Zaytun

Namun Iip mengaku belum tahu pasti dengan siapa saja pertemuan sore ini digelar. Dirinya meminta agar semua pihak untuk menunggu hasil pertemuan tersebut.

"Bahasan sudah jelas, tentang Panji Gumilang, Pak Gubernur juga sudah menerima laporan dari tim investigasi. Nanti pertemuan di Kemenko Polhukam, saya kurang paham, nanti kita lihat saja hasilnya," lanjutnya.

Panji Gumilang datang memenuhi panggilan tim investigasi ke Gedung Sate, Kota Bandung pada Jumat (23/6), untuk melakukan tabayun atau klarifikasi terkait dugaan ajaran sesat di Pesantren Al-Zaytun.

Ketua Tim Investigasi Pemprov Jabar KH Badruzzaman M Yunus mengatakan, jika rencana tim untuk mengklarifikasi sejumlah isu terkait kontroversi yang dibuat Panji tidak membuahkan hasil. Sebab Panji belum memberikan jawaban dan meminta waktu untuk menjawab beberapa pertanyaan.

"Tadinya kami ingin mengklarifikasi apa yang beredar di masyarakat dan di media, tapi beliau itu minta waktu kepada kami, untuk mempersiapkan jawaban yang akan kami pertanyakan. Beliau meminta (pertanyaan) apa yang diklarifikasi kepada beliau," ujarnya.

 

MUI nantikan jawaban

Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar yang ikut dalam pertemuan tersebut menambahkan, pertemuan dengan Panji belum menghasilkan kesimpulan apapun. MUI ingin, Panji untuk segera memberikan jawaban.

Jadi hasil pertemuan pihak Al-Zaytun, hanya meminta daftar pertanyaan itu untuk diberikan dan sudah disampaikan oleh tim.  Soal waktu, tim investigasi berharap secepatnya bisa disampaikan kembali karena ini ditunggu oleh publik.

"Ada lima pertanyaan terkait isu-isu kontroversi yang dibuat Panji Gumilang, itu yang ingin diklarifikasi oleh tim investigasi. Namun saya tidak bisa menyampaikan isinya, karena memang sensitive, tapi tidak keluar dari isu yang berkembang dan buat gaduh," ungkapnya.(Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat