visitaaponce.com

UMKM Parigi Moutong Pasok 20 Ton Durian ke Thailand

UMKM Parigi Moutong Pasok 20 Ton Durian ke Thailand
Durian Parigi Moutong.(ANTARA/BASRI MARZUKI)

SEBANYAK 20 ton daging durian kupas siap konsumsi menjadi komoditi ekspor dalam bentuk produk frozen yang dikirim dari Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng), ke Bangkok, Thailand. Pelepasan tersebut berlangsung di Desa Siney, Kecamatan Tinombo Selatan, Rabu (5/7).

Pengiriman Raja Buah itu ke luar negeri dilakukan oleh beberapa perusahaan dan UMKM di Parigi Moutong, serta mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian. Melalui Direktorat Jenderal Holtikultura, pemerintah pusat mendorong pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, agar buah durian bisa menguasai pasar internasional.

"Upaya pemerintah daerah yang dari tahun 2022 dan sekarang terus berinteraksi dengan Kementerian Pertanian, begitu semangatnya Pak Bupati bagaimana memberdayakan masyarakat terutama kebun-kebun durian yang ada di daerah agar bisa merajai minimal ditingkat domestik dan kalau bisa ditingkat internasional. Kita mulai dari sini," ujar  Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto dalam acara Festival Durian di Parigi Moutong.

Baca juga: Durian Parigi Moutong Didorong Masuk Pasar Global

Menurut Prihasto, Parigi Moutong salah satu penghasil durian di Sulteng yang memiliki varietas unggulan. "Parigi Moutong salah satu daerah yang menghasilkan buah durian yang unggul sehingga Kementerian Pertanian mendorong agar pemerintah daerah menguasai penjualan durian hingga pasar internasional," kata Prihasto.

Prihasto mengatakan saat ini ekspor buah durian dari Parigi Moutong masih ke Thailand dan Malaysia dan ke depannya diharapkan bisa langsung masuk ke Tiongkok. "Sekarang durian ekspor ke Tiongkok masih melalui Negara Thailand sehingga kami harap ke depan bisa dari Parigi Moutong langsung ke Tiongkok," terangnya.

Baca juga: Jokowi Rayakan Medali Emas Sepak Bola SEA Games dengan Pesta Durian

Prihasto mengemukakan, permintaan buah durian dari berbagai negara cukup tinggi dan penyuplai buah durian di dunia hanya dilakukan oleh 10 negara saja termasuk Indonesia. Ia menyatakan peran Indonesia masih minim jika dibanding negara lain sementara peluang pasar internasional masih sangat besar.

"Pasar durian bisa dikatakan tidak terbatas, durian kita unggul tetapi pertanyaannya ada berapa banyak yang bisa kita suplai sesuai permintaan," tandasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat