visitaaponce.com

UNJ Gelar Pelatihan E-Commerce untuk UMKM di Desa Pasirtanjung

UNJ Gelar Pelatihan E-Commerce untuk UMKM di Desa Pasirtanjung
Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ pelatihan E-Commerce bagi pelaku UMKM di Desa Pasirtanjung, Bogor.(Dok UNJ)

DALAM upaya mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan pengabdian masyarakat yang meliputi pelatihan E-Commerce bagi pelaku UMKM di Desa Pasirtanjung, Bogor.

Baca juga: Berkat QRIS, Tiada Lagi Alasan Tidak Bawa Uang

Kegiatan ini dilaksanakan Senin (26/6) dengan melibatkan lebih dari 20 pelaku UMKM ini memiliki potensi yang besar dalam bidang UMKM. Namun, mereka menghadapi tantangan memasarkan produk secara online. Untuk mengatasi tantangan ini, Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ, berinisiatif untuk memberikan pelatihan E-Commerce kepada para pelaku UMKM tersebut.

Baca juga: Internet Dorong Kebangkitan Pelaku UMKM Hingga Platform OTT

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada tiga aspek penting dalam E-Commerce, yaitu pembuatan dan pengelolaan akun marketplace, penyiapan produk melalui foto/video, dan copy writing iklan produk.

"Pelatihan ini bentuk kontribusi nyata FPPsi UNJ kepada masyarakat  sekaligus menjembatani hasil-hasil penelitian di kampus dan aplikasinya di masyarakat. Dalam pelatihan ini, dosen-dosen Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ memberikan pemahaman mendalam tentang strategi pemasaran online, termasuk cara mengelola akun marketplace dengan efektif, mengunggah foto produk yang menarik, meningkatkan citra merek produk, serta proses copy writing iklan di market place," ujar Wakil Dekan I, FPPsi UNJ, Dr. Gumgum Gumelar, M.Si  lewat keterangan yang diterima, Jumat (7/7)

Para peserta juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana mengidentifikasi target pasar potensial, memahami perilaku konsumen online, serta teknik promosi dan branding yang efektif. Selama pelatihan, para peserta aktif terlibat dalam sesi praktik langsung dan berbagai studi kasus dengan menggunakan contoh langsung dari usaha mereka.

Peserta juga diberikan panduan praktis dan umpan balik dari fasilitator yang berpengalaman dalam bidang E-Commerce. Para pelaku UMKM di Desa Pasirtanjung sangat antusias dan bersemangat untuk menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam mengembangkan bisnis mereka melalui platform digital.

"Pelatihan ini membantu kami untuk memperluas jangkauan pasar produk ke seluruh Indonesia dan tentunya berpotensi meningkatkan omzet penjualan," ujar salah satu peserta Danengsih/

Adapun Dosen FPPsi UNJ Liza Yudhita mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi para pelaku UMKM di Desa Pasirtanjung. Dengan meningkatkan keahlian mereka dalam E-Commerce dan memperkuat kehadiran online mereka, diharapkan para pelaku UMKM dapat memperluas jangkauan pasar mereka, meningkatkan penjualan, dan memperkuat daya saing  dalam era digitalisasi.

"Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada upaya kita dalam membantu memberdayakan teman-teman UMKM di desa Pasirtanjung agar lebih berdikari secara ekonomi, sekaligus dapat meningkatkan taraf penghidupan masyarakat di desa," ujar Liza. (H-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat