visitaaponce.com

Bayi Gajah Sumatra Ditemukan Mati di Perkebunan Sawit

Bayi Gajah Sumatra Ditemukan Mati di Perkebunan Sawit
Ilustrasi bayi gajah mati(MI/Rudi Kurniawansyah)

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menyatakan satu bayi gajah sumatra (Elephas maximus sumatranus) mati di kawasan perkebunan sawit di Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Rabu (12/7).

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Aceh Kamarudzaman mengungkapkan bayi gajah tersebut ditemukan sudah dalam keadaan membusuk.

"Kami tidak bisa menduga-duga penyebab kematian bayi gajah tersebut. Bayi gajah itu masih merah. Nanti, tim dokter hewan yang memutuskan apa penyebab kematian bayi gajah tersebut," ujar Kamarudzaman di Aceh, Kamis (13/7).

Baca juga: Lagi, Gajah Liar di Riau Mati Diracun

Secara rinci, ia mengatakan bangkai bayi gajah itu ditemukan di perkebunan sawit milik PT Atakana, Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Gajah sumatra merupakan satwa liar dilindungi undang-undang. Berdasarkan daftar satwa liar di dunia, gajah sumatra hanya ditemukan di Sumatra. Status mereka kini terancam kritis dan berisiko tinggi untuk punah di alam liar.

Baca juga: Bangkai Gajah Betina Ditemukan Dekat Pemukiman, Diduga Akibat Konflik dengan Warga

BKSDA mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian satwa liar, khusus gajah sumatra dengan menjaga hutan yang merupakan habitatnya, tidak membunuh, dan melakukan praktik lainnya yang menyebabkan kematian gajah. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat