visitaaponce.com

Polres Klaten Siap Dukung BPBD Antisipasi Dampak El Nino

Polres Klaten Siap Dukung BPBD Antisipasi Dampak El Nino
Jajaran Polres Klaten silaturahmi ke BPBD Klaten membahas kesiapan menghadapi dampak El Nino, Senin (24/7).(MI/DJOKO SARDJONO)

MENGHADAPI ancaman bencana kekeringan, Polres Klaten dan BPBD Klaten menyatakan kesiapannya sebagai upaya pengurangan risiko bencana di musim kemarau.

Kapolres Klaten AKB Warsono pun berkunjung ke BPBD Klaten, Senin (24/7) dalam rangka silaturahmi sekaligus berdiskusi tentang kesiapan menghadapi bencana kekeringan yang bisa diakibatkan El Nino.

"Kami, jajaran Polres Klaten siap bekerjasama dengan BPBD Klaten untuk mitigasi bencana. Tentu, termasuk pelatihan relawan dan simulasi penanganan bencana," ujar Warsono.

Baca juga: Mengenal Fenomena El Nino dan Pengaruhnya terhadap Indonesia

Untuk itu, Polres Klaten dan BPBD akan menggelar apel siaga bencana, pengukuhan  relawan, dan simulasi penanganan bencana. Kegiatan tersebut akan digelar di Stadion Trikoyo Klaten.

"Puncak kemarau tahun ini diprediksi pada Agustus-September. Maka, kita perlu melakukan pemetaan (mapping) daerah-daerah rawan bencana kebakaran," imbuhnya.

Plt Kepala BPBD Klaten, Syaruna, dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa BPBD menghadapi dampak fenomena El Nino telah menyiapkan ribuan relawan.

Baca juga: BMKG: El Nino Ancam Produktivitas Pertanian

"Sebagai langkah menghadapi bencana, kita telah membentuk relawan di 401 desa atau kelurahan di Klaten, masing-masing 15 orang, sehingga total 6.025 orang," imbuhnya.

Relawan akan dikukuhkan oleh Bupati bersamaan apel siaga bencana dan simulasi penanganan bencana. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat