visitaaponce.com

Disambut Hujan, 197 Jemaah Haji Kloter 1 Tiba Di Kota Bengkulu

Disambut Hujan, 197 Jemaah Haji Kloter 1 Tiba Di Kota Bengkulu
Kedatangan 197 jemaah haji kloter 1 Kota Bengkulu di Masjid Agung At-Taqwa, pada Minggu, 23 Juli 2023(MGN/Feri Jaya Saputra)

SEBANYAK 197 jemaah haji kloter 1 asal Kota Bengkulu kembali ke Tanah Air pada Minggu, 23 Juli 2023 malam, dengan disambut hujan. Isak tangis keluarga pun pecah saat rombongan tiba

Seusai mendarat di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, rombongan jemaah haji langsung di bawa ke Masjid Agung At-Taqwa Kota Bengkulu untuk di jemput pihak keluarga.

Dari 197 jemaah haji yang tiba di Masjid Agung At-Taqwa Kota Bengkulu, satu jemaah haji lansia terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit lantaran kondisi kesehatan yang memburuk.

Baca juga : 65% Jemaah Haji dari 353 Kloter Sudah Tiba di Tanah Air

Meski sedang diguyur hujan deras hal tersebut tidak menyurutkan niat para keluarga jemaah haji asal Kota Bengkulu untuk menjemput keluarga mereka yang baru pulang dari menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekah.

Dalam prosesi penjemputan tersebut isak tangis haru pihak keluarga maupun jemaah haji yang tiba langsung pecah saat melihat kedatangan ratusan jemaah tersebut.

Baca juga : Simak Tiga Tanda Kemabruran Haji

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu, Sipuan mengatakan untuk kepulangan jemaah haji asal Kota Bengkulu terbagi dalam 6 kloter, dimana untuk kloter 1 ada sebanyak 197 jemaah haji yang kembali bersama dengan jemaah haji asal Kabupaten Lebong dan Kabupaten Bengkulu Tengah dan semuanya kembali dengan kondisi selamat.

Dikatakan Sipuan, dari 197 jamaah haji tersebut, satu jemaah haji atas nama Maryono Kerto Rejo usia 66 tahun harus dilarikan ke rumah sakit M Yunus Bengkulu, seusai mendarat di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Disebutkan bahwa kondisi kesehatan Maryono memburuk selama dalam perjalanan dari Tanah Suci Mekah hingga kembali ke Provinsi Bengkulu.

Adapun untuk total jumlah jemaah haji di Kota Bengkulu yang menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekah tahun 2023 ini ada ada sebanyak 336 Jamaah haji, 336 jamaah haji ini pulang dengan terbagi dalam 6 kloter, untuk kloter 1 sebanyak 197 jamaah haji, kloter 2 hanya 1 jamaah haji, kloter 3 sebanyak 27 jamaah haji, kloter 4 sebanyak 19 jamaah haji, kloter 5 sebanyak 71 jamaah haji dan kloter 6 sebanyak 21 jamaah haji.

Untuk jadwal kepulangan jamaah haji ini telah dimulai dari 23 hingga 28 Juli mendatang. Kloter 6 dikabarkan akan pulang ke Kota Bengkulu pada 2 Agustus mendatang.

Pada musim haji tahun ini, kuota haji Bengkulu mencapai sebanyak 1.636 yang terdiri dari Kota Bengkulu sebanyak 336 jemaah, Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 200 jemaah, Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 133, Rejang Lebong sebanyak 227 jemaah.

Kemudian, Kabupaten Seluma 168 jemaah, Kabupaten Kaur sebanyak 107 jemaah, lalu Kabupaten Kepahiang 111 jemaah, Lebong dan Bengkulu Tengah masing-masing 94 jemaah. Khusus Jemaah haji lanjut usia (Lansia) ada sebanyak 82 orang dengan Jemaah tertua berusia 93 tahun. (MGN/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat