visitaaponce.com

Makassar akan Belajar Tangani Rob ke Yokohama

Makassar akan Belajar Tangani Rob ke Yokohama
Warga melintasi jalan yang terendam banjir dengan perahu karet di Kecamatan Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (16/2).(ANTARA/ABRIAWAN ABHE )

KOTA Yokohama, Jepang dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, akan membangun kerja sama sister city atau kota bersaudara, yang menjalankan sejumlah program-program, yang bisa menguntungkan dua belah pihak, khususnya untuk ibu kota dari Sulsel, mendapat banyak manfaat.

Usai bertemu Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar Ohashi Koichi, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menyebutkan, kedua belah pihak akan mempercepat kerja sama kedua kota, dan banyak program yang akan dikembangkan dalam kerja sama sister city tersebut, seperti smart city dan sejumlah program lainnya.

"Kota Yokohama itu sangat konsen dengan kota pintar (Smart city). Selain itu, kita juga akan belajar bagaimana mencegah tsunami dan mencegah rob (kenaikan air laut), lantaran Jepang juga merupakan negara kepulauan, kota pantai, mereka lbh expert dalam penanganan hal itu, sehingga kita perlu belajar, " sebut Danny, Senin (31/7).

Baca juga: Hubungkan 2 Kabupaten yang Dihantam Banjir Bandang Maluku, PUPR akan Bangun Jembatan Darurat

Pemerintah Kota Makassar, juga akan bekerja sama dan belajar sistem pengelolaan pemerintahan yang baik, termasuk bagaimana memperbaiki sistem transportasi yang terkoneksi langsung.

Selain itu, Koichi juga menyampaikan tanggapan surat yang dilayangkan Pemkot Pakassar kepada Pemerintah Yokohama lewat Pemerintah Jepang, bahwa ada undangan untuk Makassar, yang dinilai sebagai sahabat, untuk menghadiri kegiatan di sana.

"Yokohama juga menjadi inspirasi dalam membangun reklamasi di Makassar, karena di sana sudah lahir kota baru bernama Minato Mirai yang merupakan kota hasil reklamasi yang menjadi kawasan kota modern," jelas Danny Pomanto.

Baca juga: Banjir Rob kembali Landa Daerah di Pantura Jawa Tengah

Minato Mirai atau disebut pelabuhan masa depan adalah proyek pembangunan kawasan kota modern di Naka-ku, Yokohama, Prefektur Kanagawa, Jepang. Di Minato Mirai terdapat gedung perkantoran, apartemen, pusat perdagangan, hotel, taman bermain, gedung konvensi, museum seni, dan gedung konser.

Kawasan ini dulunya dipakai Mitsubishi Heavy Industries sebagai galangan kapal hingga dipindahkan pada tahun 1983. Minato Mirai adalah tujuan wisata populer di Yokohama, dan letaknya berdekatan dengan Pecinan Yokohama.

Selain dengan Yokohama, Jepang, Makassar juga menjalin kerja sama sister city dengan Gold Coast, Queensland, Australia, Kota Terengganu, Malaysia, Los Angles, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat